Teropong Bisnis | Homepage
Dari Tugas Kuliah Hingga Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri

Dari Tugas Kuliah Hingga Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri

0 Comments 🕔29.Jan 2014

Bisnis selalu menjadi salah satu pilihan orang untuk mencari nafkah. Berbagai peluang usaha dicari dan dicoba banyak orang. Terkadang usaha tersebut membuahkan hasil, tetapi terkadang juga tidak. Kerja keras dan pantang menyerah tentunya menjadi poin penting yang harus selalu dilakukan. Seperti yang telah dilakukan oleh Septian Suryo, mahasiswa dari Universitas Hassanudin. Septian masih sangat muda, dengan usianya yang baru 25 tahun, ia sudah mampu mendirikan sebuah CV yang diberi nama CV. Sefactor Pharma.

CV. Sefactor Pharma merupakan sebuah mitra usaha untuk sebuah usaha pembuatan sabun multiguna. Septian mengaku awalnya dia membuat sabun multiguna tersebut hanya untuk memenuhi tugas dari prodinya. Sama sekali sebelumnya tidak terpikir untuk membangun sebuah usaha. Mengingat waktu kesehariannya yang tidak banyak karena ia terlalu sibuk, serta tenaga kerja yang sangat terbatas.

Sabun multiguna yang ia hasilkan awalnya ia buat dengan produk terpisah yaitu produk khusus untuk cuci tangan dan produk untuk cuci perabotan rumah tangga. Akan tetapi, berkat kreativitas dan desakan dari para pelanggan, ia bisa mengubah sabun tersebut menjadi sabun multifungsi yang sesungguhnya. Sabun multi fungsi yang bisa digunakan untuk membersihkan tangan, piring, mobil, dan pakaian. Sayangnya, meskipun diberi nama sabun multi fungsi, sabun ini tidak bisa digunakan untuk badan dan rambut. Satu hal lagi, sabun multi fungsi produk Septian ini sudah dijamin keamanannya.

wirausaha, pengusaha, bisnis sabun, tips usaha

Kini, usaha sabun multiguna yang digeluti Septian sudah berjalan hingga dua tahun. Meskipun pemasarannya masih hanya di sekitar wilayah Makassar, tetapi ia sudah bisa mendapatkan omzet hingga Rp30.000.000 per bulan. Omzet yang ia hasilkan tersebut ternyata hanya bermula dari modal awal yang hanya Rp25.000. Tanpa diduga, pihak kampus mencium akan kualitas dari produk yang ia hasilkan. Tidak tanggung-tanggung, pihak kampus memberikan suntikan modal sekitar Ro14.000.000.

Banyaknya yang berminat dengan sabun produksinya ini tentu bukan tanpa alasan. Sabun multiguna yang ia pasarkan ternyata memiliki kelebihan yaitu lebih lembut di tangan daripada sabun-sabun dengan merek lain. Selain itu, sabun multiguna produksinya bebas dari formalin. Kini dia sudah mampu mempekerjakan 4 orang karyawan tetap dan 5 orang karyawan tidak tetap. Hingga saat ini, Septian baru menghasilkan 5 ton sabun. Ia mengatakan bahwa target penjualannya hingga 14 ton hingga 2 tahun berikutnya. Keberuntungan masih berpihak kepadanya, ia kemudian memenangkan kompetisi yang dadakan oleh Bank Mandiri. Kompetisi tersebut yaitu Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri.

wirausaha, pengusaha, bisnis sabun, tips usaha

BACA JUGA:

Menyusuri Asal Usul Pemilik Genting Highland, Lim Goh Tong

Kisah Mahasiswa Yang Sukses Membangun Bisnis Percetakan

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *