Teropong Bisnis | Homepage
Dari Krisis 1998 Sukses dengan Tanaman Herbal

Dari Krisis 1998 Sukses dengan Tanaman Herbal

0 Comments 🕔28.Dec 2013

Krisis 1998 menjadi titik awal dimana Aning, nama panggilan Michael Wuryaning Setyowati memulai pintu suksesnya. Karena ingin membantu suami untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dia dengan 10 ibu rumah tangga berinisiatif menanam tanaman sendiri, seperti sawi, seledri dan lainnya.

Dengan modal Rp. 500.000, Aning dan kelompoknya ini yang diberi nama Kelompok Tani Bunga Lily, memulai kegiatan ini. Lambat laun, kegiatan ini menjadi kegiatan bisnis, setelah kelompok ini menanam jamur di plastik polybag.

Setahun kemudian, Aning menulis buku Sawah Mini di Atas Kamar mengenai bercocok tanam di lahan sekitar rumah. Setelah itu, Aning rajin menambah ilmu tentang hal ini, seperti mengikuti pelatihan dari Kementrian Pertanian dan lainnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini, Aning dan kawan-kawannya mulai menanam tanaman herbal. Dan, mereka memilih tanaman mahkota dewa. Aning dan kawan-kawan juga menggunakan pasokan dari luar, untuk memenuhi permintaan pasar.

Tahun 2000, Aning merilis buku keduanya berjudul Mahkota Dewa Obat Pusaka Para Dewa. Dan, buku ini cukup laris sampai mencapai cetakan ke-20. Aning menggunakan pengetahuan dan pengalamannya mengenai tanaman obat untuk menulis buku ini. Salah satunya adalah pengalaman ibu Aning yang dapat bertahan dari penyakit lever akut dengan tanaman obat ini.

tanaman herbal

Tahun 2003, Aning dengan modal Rp. 50 juta mendirikan PT Mahkota Dewa dan menjadi pemegang saham terbesar sekaligus Presiden Direktur. Saat itu, anggotanya mencapai 10 RT dengan jumlah 60 orang. Tetapi, 10 orang pendiri awal kegiatan ini tetap berperan mengatur jalannya perusahaan.

Perusahaan ini memproduksi berbagai obat-obatan dari tanaman herbal, seperti mahkota dewa, pegagan, temu lawak dan lainnya. Aning juga bekerjasama dengan petani di Magelang, Kulon Progo, Purworejo, Sukabumi, Lampung dan Bantul sebagai pemasok. Aning bahkan mengajari petani-petani tersebut untuk menjemur dan mengemas untuk mendapatkan produk yang lebih berkualitas.

PT Mahkota Dewa memproduksi berbagai jenis obat herbal, mulai dari racikan, bubuk, kapsul hingga minyak. Harganya juga bervariasi. Contohnya, kapsul dengan isi 20 dibanderol Rp. 20.000-Rp. 80.000 dan lainnya.

Perusahaan ini mampu memproduksi 1.000 racikan herbal, 500 kemasan madu herbal dan teh celup sampai 1.000 kardus. Pemasaran sudah mencapai kota Medan, Yogyakarta dan Surabaya.

Akhir 2009, Aning mengeluarkan herbal pillow, yaitu bantal dengan isi jahe merah dan minyak atsiri yang dapat menrawat migren. Harga produk ini berkisar antara Rp. 50.000 sampai Rp. 150.000. Yang membanggakan, produsen Mercedez Benz tertarik untuk menggunakan produknya ini untuk menjadi hadiah pembelian produk mobil mereka. Saat ini masih dalam proses negoisasi.

Tahun ini, tanaman herbal untuk spa juga menjadi salah satu produk dari Aning. Selain itu, dia juga membuka kantor penjualan resmi di Filipina dan Aning ingin mengembangkan usahanya ini di berbagai negara dalam lima tahun ke depan.

tanaman herbal

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *