Teropong Bisnis | Homepage
Cuncun Setiawan, Sukses Dengan Bisnis Lobster Air Tawar

Cuncun Setiawan, Sukses Dengan Bisnis Lobster Air Tawar

0 Comments 🕔26.Mar 2013

Dulu tidak ada menyangka bahwa lobster air tawar bisa menjadi bisnis yang menjanjikan dan harganya pun bisa bersaing dengan lobster air laut yang biasa di sajikan di restoran-restoran terkenal. Salah satu pengusaha yang berkontribusi cukup besar dalam memperkenalkan bisnis lobster air tawar kepada masyarakat luas adalah Cuncun Setiawan, seorang pengusaha lobster air tawar yang sangat sukses.

Berwirausaha Sejak Sekolah Dasar

Jiwa wirausaha Cuncun sudah muncul saat ia masih di bangku sekolah dasar. Saat itu ia pernah menjual biji karet (mainan yang digemari pada waktu itu) yang ia beli hanya Rp. 100 per biji karet kemudian ia jual kembali dengan haga berlipat, sampai Rp. 1000 per biji karetnya. Kemudian berlanjut saat SMP ia berjualan alat tulis yang ia beli di pasar pagi lalu ia jual kembali di koperasi sekolahnya.

Setelah lulus SMP ia masuk ke STM 7 dengan harapan setelah ia lulus bisa langsung bekerja dan membantu keuangan keluarganya. Namun ternyata ia melanjutkan kuliah di ITI Serpong. Sewaktu kuliah, jiwa wisarausahanya makin menggebu. Selain melanjutkan bisnis alat tulis, ia juga menjalani bisnis MLM yang memberinya ilmu lebih banyak tentang berbisnis. Selain itu, ia juga membatu ayahnya menjual beras dan menawarkan ke rumah-rumah makan dan restoran.

Lulus Kuliah & Berbisnis Ikan Cupang Hias

Setelah lulus kuliah di tahun 2000 dengan predikat Cumlaude, Cuncun mantap berbisnis dan tidak menggunakan ijazah kuliahnya tersebut untuk mencari pekerjaan. Dengan sebuah informasi dari temannya, ia mulai berbisnis ikan cupang hias. Karena ia tidak memiliki modal, ia mengandeng dua temannya untuk menjadi rekan bisnisnya. Namun setelah beberapa lama, kedua temannya memiliki kesibukan sendiri-sendiri, sehingga Cuncun menjalankan bisnisnya seorang diri.

Tak lama setelah menjalankan bisnis ikan cupangnya seorang diri, ia cukup sukses karena mampu mengekspor ikan cupangnya ke Amerika Serikat, Kanada, dan beberapa negara lainnya. Kesuksesannya ini tidak lepas dari jasa internet. Ia memasang ikan cupang hias miliknya ke situs Aquabid. Dari situs inilah ia mampu menjual ikan cupangnya sampai pada harga $59.

Mulai Berbisnis Lobster Air Tawar

Setelah bisnis ikan cupangnya terbilang cukup stabil, Cuncun melihat peluang bisnis lainnya dan yang menjadi pilihannya adalah lobster air tawar karena saat itu pengusaha yang berbisnis lobster air tawar sangat sedikit. Tidak sedikit cobaan dan kegagalan yang ia alami selama menjalani bisnis lobster air tawar ini.

Namun Cuncun tidak pernah menyerah dan akhirnya bisnis lobster air tawarnya terbilang berhasil dan saat ini ia tidak hanya membudidayakan, tapi juga memberi pelatihan kepada pengusaha-pengusaha lain yang tertarik berbisnis lobster air tawar. Dan Cuncun tidak puas hanya berbisnis lobster air tawar. Setelah sukses dengan bisnis lobster, ia kemudian mengembangkan bisnisnya dengan memelihara landak mini sejak tahun 2008.

Kesuksesan Cuncun Setiawan diraih dari sejumlah cobaan dan kegagalan. Karena itu bagi pengusaha-pengusaha muda jangan menyerah hanya karena sebuah kegagalan. Tetaplah tegar menghadapi kegagalan dan berusaha mencari jalan keluar agar bisnis Anda menjadi bisnis yang sukses. Tetap semangat pengusaha muda Indonesia!

(berbagai sumber)

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *