Teropong Bisnis | Homepage
Chairul Tanjung, Bisnis Tiada Henti

Chairul Tanjung, Bisnis Tiada Henti

0 Comments 🕔08.May 2013

Anda mungkin pernah mendengar sosok Chairul Tanjung. Ya, pebisnis yang buku biografinya banyak diiklankan di media oleh perusahaan percetakan Gramedia ini memang cukup popular di dunia bisnis Indonesia, bahkan dunia. Lelaki yang lahir pada tanggal 16 Juni 1962 di Jakarta ini masuk ke dalam 1000 orang terkaya di dunia.

Bapak Chairul Tanjung berhasil meraih posisi 937 dari 1000 orang terkaya di dunia dengan kekayaan senilai 1 Milliar Dollar AS, menakjubkan bukan? Meskipun demikian, sedikit orang yang percaya jika Chairul Tanjung memulai bisnisnya dari 0.

Chairul Tanjung, Pemuda Penuh Semangat Berjiwa Bisnis

Bapak Chairul Tanjung memulai kehidupannya sebagai anak kuliahan jurusan Kedokteran Gigi Universitas Indonesia pada tahun 1981. Meskipun otaknya encer karena mampu memasuki jurusan andalan di universitas bergengsi namun kehidupan seorang Chairul Tanjung saat itu tidaklah sempurna. Ia mengalami kesulitan finansial sehingga ia pun terpaksa harus mencari rejekinya sendiri. Dimulailah bisnis kecil-kecilan seperti berjualan buku kuliah, kaos, peralatan tulis menulis dan sebagainya di area kampus.

Bosan dan ingin mengembangkan usaha yang lebih besar, Chairul Tanjung membuka toko yang menjual peralatan laboratorium dan kedokteran di Pasar Senen, Jakarta. Namun bisnisnya kali ini harus gulung tikar karena bangkrut. Beberapa waktu kemudian Chairul Tanjung mencoba bisnis kontraktor, namun bisnis  ini tak jua menunjukkan hasil yang positif. Bersama tiga orang rekannya, Chairul Tanjung mulai memproduksi sepatu anak-anak yang bernama PT Pariarti Shindutama. Namun demikian lagi-lagi bisnisnya yang cukup ramai ini harus berakhir karena ketidak cocokan Chairul Tanjung bersama rekan-rekan  bisnisnya.

Properti, IT, dan Keuangan

Chairul Tanjung lalu melihat peluang yang lebih besar untuk ia geluti. Dari segi bisnis keuangan, ia berhasil mengambil alih Bank Tugu yang kemudian kini dikenal sebagai Bank Mega. Bank Mega pun tumbuh menjadi slaah satu bank kepercayaan masyarakat Indonesia. Melebarkan sayap dari sekedar bank saja, Chairul Tanjung mendirikan perusahaan sekuritas, asuransi dan asuransi kerugian.

Selain bergelut di bidang produk keuangan, Chairul Tanjung juga menggeluti bisnis property dengan mendirikan real estate bergengsi dan sebuah mall yakni Bandung Supermall pada tahun 1999.

Di bidang IT, Chairul Tanjung pun melihat potensi yang besar. Dengan banyaknya perusahaan penyiar yang besar seperti MNC Group, Chairul Tanjung tetap optimis membangun Trans Corp untuk mencuri perhatian pemirsa televise. Dengan mengandalkan kreativitas, Trans Corp berhasil menjadi stasiun televisi muda yang sukses.

Tak berhenti di situ saja Chairul Tanjung terus melebarkan sayap gurita bisnisnya dengan mengambil alih saham PT Carrefour sebanyak 40 persen.

Chairul Tanjung muda yang penuh semangat dan optimisme mengajarkan pada kita generasi muda untuk terus bersemangat dan berinovasi. Kondisi serba kekurangan bukanlah alasan untuk menjadi rendah diri atau malu. Justru dengan kekurangan tersebut akan menjadi lecutan yang besar menuju kesuksesan.

Gambar: bisnis.news.viva.co.id

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *