Teropong Bisnis | Homepage
CEO yang Dipecat dari Perusahaan Raksasa

CEO yang Dipecat dari Perusahaan Raksasa

0 Comments 🕔24.Apr 2013

Menjadi seorang pemimpin atau CEO dari perusahaan raksasa memang tidak mudah. Banyak tantangan dan tekanan yang harus diemban. Tanggung jawab yang sangat besar sangat mempengaruhi perkembangan perusahaan di kancah persaingan bisnis dunia. Banyaknya pesaing besar memang menjadi salah satu tantangan terbesar bagi seorang CEO. Belum lagi upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dunia yang kini semakin kompleks dan mengerti akan kebutuhannya secara lebih terperinci

Memang banyak CEO yang akhirnya berhasil melalui tantangan yang sangat sulit itu. Bahkan banyak pula CEO yang kemudian dikenal sebagai penyelamat perusahaan besar seperti Steve Jobs yang berhasil membangkitkan kembali perusahaan Apple yang kala itu masih belum setenar dan sesukses sekarang. Akan tetapi tidak sedikit pula CEO yang gagal dan akhirnya harus dipecat oleh perusahaannya. Berbicara mengenai CEO yang dipecat oleh perusahaannya, berikut adalah beberapa CEO tersebut.

CEO yang Gagal Memimpin Perusahaan Raksasa

Ron Johnson, ia adalah mantan CEO J. C. Penney yang pada masanya hanya menjabat posisi CEO dalam waktu yang sangat singkat. Padahal pada saat diangkat menjadi CEO J. C. Penney, mantan direktur Apple Inc ini dipuja-puja sebagai salah satu orang yang memiliki otak encer dalam dunia usaha. Akan tetapi langkah radikal yang ia terapkan ternyata justru menjauhkan perusahaan dari konsumen sehingga berdampak pada menurunnya omzet perusahaan dan akhirnya ia diberhentikan dari jabatannya sebagai CEO.

CEO yang Dipecat dari Perusahaan Raksasa

CEO berikutnya adalah Carol Bartz yang menjadi CEO Yahoo pada tahun 2009. Demi menggenjot pendapatan perusahaan, Carol Bartz menerapkan program penghematan dan memecat banyak karyawan Yahoo. Namun dari langkah ini ternyata target yang dituju tidak berhasil diraih sehingga akhirnya ia harus dipecat oleh perusahaan. Leo Apotheker ternyata juga mengalami nasib yang serupa. Mantan CEO HP ini dianggap memimpin perusahaan HP ke arah yang kurang tepat. Kebijakan-kebijakannya justru membuat perusahaan semakin tidak percaya diri bahkan akuisisinya terhadap Autonomy Corp senilai US$ 10 miliar dianggap terlalu mahal sehingga pada akhirnya ia harus dipecat setelah menjabat selama 11 bulan.

Mantan CEO lain yang juga dipecat dari perusahaannya adalah Charles Conaway, Bob Nardelli, Craig Herkert dan Kevin Rollins. Semua mantan CEO tersebut sebenarnya memiliki kemampuan dan sudah dikenal sebagai pemimpin hebat di dunia usaha. Akan tetapi karena keputusannya yang salah, akhirnya hal tersebut harus dibayar mahal dengan pemecatan.

Menjadi Pemimpin Perusahaan Besar memang Penuh Tantangan

Meski memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengelola suatu usaha, ternyata banyak orang berpengalaman yang gagal dalam membangun perusahaan raksasa untuk menjadi lebih besar lagi. Tantangan yang harus dihadapi oleh CEO perusahaan raksasa memang sangat besar, bahkan kesalahan sedikit saja akan memberi dampak yang sangat serius pada perusahaan.

Karena itulah selain kecerdasan dalam mengelola usaha, CEO perusahaan raksasa juga harus memiliki mental baja, kecermatan dan kebijaksanaan yang tinggi.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *