Teropong Bisnis | Homepage
Carlos Slim: Pengusaha Keturunan Arab Terkaya di Meksiko

Carlos Slim: Pengusaha Keturunan Arab Terkaya di Meksiko

0 Comments 🕔13.Apr 2013

Siapa orang terkaya di dunia? Selama 4 tahun berturut-turut, Carlos Slim Helu menempati peringkat orang terkaya versi majalah Forbes. Ia merupakan seorang pengusaha di bidang komunikasi di Meksiko. Sebagai CEO dari Telefonos de Mexico dan America Movil, Slim juga dikenal sebagai pengusaha yang banyak melakukan kegiatan filantropis.

Dengan kekayaan sebesar 71 Milyar Dolar, Slim dikenal dengan gaya hidupnya yang sederhana. Kabarnya, ia masih menempati kediaman yang sama selama 40 tahun. Sementara itu, meskipun mendapatkan pengawalan ketat, ia selalu menaiki sebuah Mercedes tua untuk mengantarkannya ke mana-mana.

Keturunan Arab Libanon

Pria berusia 73 tahun ini adalah keturunan Arab Libanon dari pasangan Julian Slim Haddad dan Linda Helu. Ayahnya yang bernama asli Khalil Salim Haddad Aglamaz dan masih berusia 14 tahun migrasi dari Libanon ke Meksiko untuk menghindari pendudukan Kesultanan Utsmani. Ia lalu mengubah namanya menjadi Julian Slim Haddad. Setelah beranjak dewasa, Julian mulai mendirikan perusahaan di tahun 1911 dan mengajarkan praktik bisnis kepada anak-anaknya.

Carlos Slim: Pengusaha Keturunan Arab Terkaya di Meksiko

Kabarnya, Carlos sudah memiliki bakat bisnis semenjak usia kanak-kanak. Awalnya, ia membantu keluarganya dengan menjual makanan dan minuman waktu berusia 10 tahun. Di usia 17 tahun, ia sudah bisa menerapkan bisnis yang lebih rumit dan membantu usaha ayahnya. Selama seminggu, ia berhasil mengumpulkan 200 peso untuk perusahaan ayahnya. Tak mengherankan sebab ia dan saudara-saudaranya dididik secara disiplin untuk belajar bisnis. Pendidikannya pun ditempuh pada jurusan Teknik Sipil. Sementara itu, ia juga melakukan praktik mengajar Aljabar di sana.

Karir bisnisnya dilanjutkan dengan real estate, konstruksi dan pertambangan. Tahun 1972, dia berhasil mendirikan 7 bisnis di bidang-bidang tersebut. Tahun 1976, Carlos mengembangkan cabang bisnisnya dengan membeli 60 persen keuntungan di usaha percetakan dan membentuk Grupo Galas sebagai induk perusahaan tambang, retail, rokok, konstruksi di tahun 1980.

Kegiatan Filantropis

Sebagai salah satu pengusaha terkaya, Carlos juga melakukan berbagai aktivitas filantropis seperti mendirikan Fundacion Telmex, sebuah yayasan filantropis yang mencakup berbagai wilayah. Yayasan ini juga mengembangkan Copa Telmex, sebuah event olahraga yang di tahun 2007 meraih rekor dunia dengan jumlah peserta terbanyak.

Carlos Slim: Pengusaha Keturunan Arab Terkaya di Meksiko

Ada banyak predikat yang disandang oleh Carlos sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Tahun 1985, ia meraih penghargaan dari Departemen Perdagangan Meksiko. Tahun 2003, ia dinobatkan sebagai CEO terbaik oleh majalah Latin Trade. Meskipun demikian, ada banyak kritikan yang diarahkan kepada pria kelahiran 28 Januari 1940 ini. Salah satunya ialah tudingan bahwa ia telah menerapkan praktik monopoli di bidang telekomunikasi. Apalagi, kegiatan filantropisnya masih tak sebanding jika dikaitkan dengan tingkat kemiskinan di Meksiko. Selain itu, dikabarkan bahwa jumlah kekayaannya semakin berkurang akibat kebijakan baru yang diterapkan oleh Pemerintah Meksiko.

Namun bagaimana pun juga, Carlos tetap menempati kedudukannya sebagai salah seorang pengusaha dengan penghasilan terbesar di dunia.

Gambar: raindeocampo.com, carlosslim.com

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *