Teropong Bisnis | Homepage
Cara Unik Sosrodjojo dalam Membesarkan Produk Teh Botol

Cara Unik Sosrodjojo dalam Membesarkan Produk Teh Botol

0 Comments 🕔30.Dec 2013

Jika Anda diminta untuk menyebutkan salah satu produk minuman teh asal Indonesia, maka Anda pasti akan menjawab Teh Botol Sosro. Produk teh dalam kemasan botol ini terus mendominasi bahkan menahan gempuran produk asing seperti Coca-Cola dan Pepsi di Indonesia. Sebagai pebisnis, Anda harus belajar dari kesuksesan perusahaan dan produk asli Indonesia ini.

Salah satu contoh yang harus Anda pelajari adalah soal metode pemasarannya yang bisa dibilang tidak biasa. Pasalnya, perusahaan ini justru mengabaikan teori-teori yang ada dalam ilmu pemasaran. Misalkan saja, produk Teh Botol Sosro justru menggunakan riset perusahaan lain yang menganggap bahwa produk teh botol tidak akan laris di Indonesia.

Ini terkait dari hasil riset yang mengatakan bahwa orang Indonesia cenderung menikmati teh pada pagi hari dan menggunakan cangkir. Sebagai seorang pengusaha Sosrodjojo yang merupakan pendiri perusahaan Sosro justru mengambil langkah yang penuh risiko. Ia membalikkan hasil riset tersebut dengan mengeluarkan produk Teh Botol Sosro.

Kesuksesan Sosrodjojo juga cukup berliku. Awalnya. ia melakukan tes cicip kepada konsumen dengan menyeduh langsung teh di tempat namun rupanya membutuhkan waktu yang lama. Setelah itu ia membuat inisiatif untuk memasukkan dalam drum-drum itupun tidak berhasil karena produk tumpah. Barulah ia memiliki ide untuk mengemas teh buatannya pada botol-botol limun.

teh botol sosro

Justru dengan ide ini, masyarakat menilai bahwa menikmati teh akan semakin praktis dan cepat. Setidaknya, teh ini juga merupakan solusi bagi mereka yang merasa haus di tengah perjalanan. Mereka hanya perlu membuka sebotol teh untuk menghilangkan dahaga tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, produk ini juga disajikan dalam keadaan dingin dalam boks berisi es karena saat itu produk lemari es belum setenar sekarang.

Memang, produk ini tidak langsung diterima oleh masyarakat. Awalnya mereka menolak dan menganggap bahwa produk tersebut aneh. Namun, Sosrodjojo dengan produknya Teh Botol Sosro tidak patah semangat. Mereka mengedukasi pasar dengan memperbanyak iklan dan promosi. Slogan “Apapun Makannya, Minumnya Teh Botol Sosro” dinilai sangat tepat guna menarik minat konsumen Indonesia.

Hal aneh lain yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah tidak mengubah apapun sejak dirilis tahun 1970. Ini juga menyalahi aturan ilmu pemasaran karena harusnya produk akan berkembang seiring waktu. Kembali lagi, Sosrodjojo membuktikan bahwa teori tersebut tidak sepenuhnya benar.

Dibandingkan mengubah produk yang sudah ada, perusahaan teh ini lebih memilih untuk mengeluarkan produk baru di antaranya S-tee yang justru mengundang banyak konsumen. Dengan strategi semacam ini buktinya Teh Botol Sosro mampu menahan dominasi Teh Kita dan Freshtea yang merupakan produk asing.

Dari cerita di atas, sebagai pengusaha Anda patut belajar bahwa teori tidak selalu benar. Intuisi dan ketepatan dalam bertindak justru menjadikan kunci sukses bisnis yang sedang Anda jalankan.

teh botol sosro

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *