Teropong Bisnis | Homepage
Bom Kesuksesan Ricky Hendrik Egam

Bom Kesuksesan Ricky Hendrik Egam

🕔12.Nov 2013

Bila berbicara mengenai bom, mungkin Anda berpikir tentang perang. Tetapi, bagi Ricky Hendrik Egam (53), bom latih dan selongsong bom menjadi lahan subur penghasil uang.

Pria asal Malang, Jawa Timur ini menjadi Direktur Utama CV Sari Bahari yang memproduksi bom latih dan selongsong bom tempur. Perusahaanya menyuplai tidak hanya militer Indonesia, tetapi juga berhasil mengekspor kepala roket asap (smoke warhead) ke Cile, Amerika Selatan, pada Maret 2013.

Keunggulan produk ekspor CV Sari Bahari ini adalah kemampuannya mengeluarkan asap selama 2 menit. Produk lainnya, hanya mampu mengeluarkan asap kurang dari 1 menit setelah terkena sasaran. Hal ini penting agar pilot temput mengetahui akurasi tembakan mereka.

Untuk dalam negeri, CV Sari Bahari menjadi penyuplai kepala roket asap untuk TNI AU, AL dan AD sejak tahun 2000. Untuk TNI AU sendiri, perusahaan ini memproduksi selonsong bom live (bom untuk perang) dan bom latih sejak 2007.

Ricky mengawali usaha ini pada 1993 dengan menjadi distributor mesin dan suku cadang peralatan strategis militer untuk BUMN. Setelah ada kebijakan baru, Ricky ingin mengubah perusahaanya menjadi produsen bukan distributor seperti sebelumnya.

Meskipun gelarnya sebagai sarjana peternakan dari Universitas Brawijaya Malang tidak berhubungan dengan bidang usahanya, tetapi Ricky terus berusaha untuk mewujudkan keinginannya.

Keberhasilan datang pada tahun 2006, setelah perusahaannya mendapatkan sertifikasi dari TNI AU untuk membuat bom latih P-100 untuk pesawat tempur F-5 Tiger. Sejak saat itu, perusahaannya ini terus dikembangkan dan dengan bekerja sama dengan PT. Dahana di Subang, mampu memproduksi bom tempur P-100 L untuk pesawat Sukhoi.

Bom buatannya ini lebih unggul karena sesuai dengan spesifikasi pesawat Sukhoi. Pesawat ini membutuhkan bom dengan berat 100 kg-125 kg, yang sama dengan berat bom buatan CV Sari Bahari. Hal ini penting karena saat ini Indonesia ingin memiliki satu skuadron pesawat Sukhoi untuk pertahanan dalam negeri.

Menurut Ricky, semua bahan baku berasal dari Malang. Pekerjanya yang berjumlah 80-an orang, juga  adalah masyarakat yang tinggal disekitar pabrik. Dan, hingga saat ini, perusahaan ini sudah membuat lebih dari 1.500 bom.

Menurut Ricky, masyarakat sekitar perlu dilibatkan agar mereka merasa memiliki perusahaan ini. Masyarakat ini didik dan dilatih dari tidak bisa apa-apa menjadi sangat mampu. Mereka juga bangga karena pekerjaannya mendukung pertahanan negara.

Agar pekerjanya bekerja dengan baik, Ricky selalu memotivasi mereka. Hal ini diperlukan karena jika tidak sungguh-sunggu, pekerjaan ini dapat mencelakai diri mereka sendiri atau orang lain.

CV Sari Bahari juga memproduksi produk alutsista lainnya, seperti folding fin rocket cal.2.75” dan container motor rocket cal.2.75”. Untuk produk ini, perusahaannya bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia.

Ayah tiga anak ini mempunyai mimpi agar Indonesia bisa mandiri. Mandiri dalam semua bidang, salah satunya adalah persenjataan. Jadi, kedaulatan negara Indonesia tidak akan terancam gara-gara masalah persenjataan.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,