Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Gitar Radix Menggelegar Sampai Eropa

Bisnis Gitar Radix Menggelegar Sampai Eropa

0 Comments 🕔19.Feb 2014

Anda mungkin sudah tidak asing dengan merek gitar, Radix. Memang, merek ini sudah melanglang buana sampai ke Eropa. Radix sendiri adalah nama merek gitar yang diproduksi di Tangerang, Banten. Menurut Toein Bernadhie Radix, pemilik bisnis gitar ini, awal memulai usaha ini dapat dikatakan sebagai sebuah kebetulan.

Bermula dari keinginan Toein membeli gitar baru. Harganya yang mencapai Rp. 8 juta membuatnya berpikir ulang. Lalu, Toein berinisiatif untuk membuat gitarnya sendiri.

Banyak kegagalan yang ditemui dalam prose membuat gitar ini. Akhirnya, Toein berhasil membuat gitar sesuai yang dia inginkan. Namun, dia menghabiskan biaya Rp. 20 juta, yang jauh lebih besar dari harga gitar yang ingin dibelinya.

Dari sini, Toein berinisiatif untuk memasarkan produk gitar buatannya. Bekerjasama dengan Ridho, rekannya, dia memulai usaha ini dengan merek Marlique pada 2003. Usahanya berkembang dan bahkan mereka mampu memproduksi 200 gitar elektrik per bulannya. Tetapi, pada tahun 2008, kerjasama mereka harus berakhir dan merek Marlique pun tidak digunakan.

Toein tidak menyerah sampai disini. Dia lalu berusaha membuat gitar dengan mereknya sendiri, yaitu Radix. Memang cukup berat, karena Toein harus memulai semuanya dari nol. Tetapi, berkat kerja kerasnya, dia berhasil mengembangkan usahanya ini.

bisnis, gitar, alat band, gitar radix, inspirasi,

Salah satu factor yang membuat usahanya sukses adalah cara pemasaran yang unik. Menurut Toein, dia hanya sekali memasang iklan di media cetak. Selebihnya, dia bekerjasama dengan gitaris ternama Indonesia untuk memasarkan gitar buatannya.

Gitaris-gitaris seperti, Sony JRocks, Farri Ikhsan the SIGIT, Iwan St Locco, Bluey Incognito, Edwin Cokelat, Rama Nidji, Buluk Superglad dan Eet Sjahranie Edane, pernah bekerjasama dengannya. Dan, cara ini terbukti efektif dalam memasarkan bisnis gitar miliknya. Selain itu, Radix juga dipromosikan melalui internet.

Strategi promosi yang tepat membuat gitar Radix buatan Toein dilirik beberapa butik music di Eropa. Banyak pesanan dating dari Finlandia, Swedia dan beberapa Negara Asia. Tetapi, pesanan tersebut datang tidak rutin, sehingga dia tidak dapat mengontrol harga.

Akhirnya, pada 2012, distributor dari Belanda mengajak Toein bekerjasama. Toein menerimanya, karena dia juga berperan dalam mengontrol harga produk gitar buatannya. Hal ini dilakukan, karena Toein ingin  produknya mempunyai harga terjangkai dengan kualitas terbaik. Meskipun besar keuntungan menurun, tetapi hal ini mendongkrak popularitas produk buatannya.

Toein saat ini dapat memproduksi 120 gitar per bulannya. 50% dari produksinya tersebut dipasarkan ke Eropa.

Omzet yang didapat juga cukup besar, bahkan mencapai Rp. 250 juta per bulan. Meskipun begitu, Toein ingin mengembangkan bisnis gitar miliknya ini dengan mencoba memproduksi gitar akustik. Dia sudah bekerjasama dengan pengrajin gitar asal Solo. Tahun ini, produksi gitar akustik miliknya akan dapat dimulai.

Segmen yang Toein bidik dengan produk gitar akustiknya ini adalah kelas menengah ke atas. Hal ini dilakukan juga untuk membantu para pengrajin gitar asal Solo tersebut.

 bisnis, gitar, alat band, gitar radix, inspirasi,

BACA JUGA:

Petik Laba Dari Baju Ukuran Maksi

Lezat Dan Menggiurkan, Kemitraan Dari Chickentalks

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *