Teropong Bisnis | Homepage
Bisnis Digital Agensi, Sukses di Era Digital

Bisnis Digital Agensi, Sukses di Era Digital

0 Comments 🕔19.Nov 2013

Era digital yang sedang berkembang pesat saat ini dimanfaatkan dengan baik oleh Anantya Van Bronckhorst bersama temannya Ramya Prajna Sahisnu. Mereka mendirikan Think.Web, sebuah bisnis digital agensi.

Awalnya, perusahaan tempat Anantya bekerja memberikan dia tugas di divisi baru, digital agensi. Dia dan Ramya mengerjakan semaunya sendiri, mulai membuat proposal sampai membuat website. Dan, dia selalu berhasil mencapai target dari perusahaan.

Akan tetapi, perusahaan tidak memberikan kesempatan untuk mengembangkan divisi baru ini. Perusahaan lebih fokus pada iklan televisi, karena pada saat itu, tahun 2002 – 2004, bisnis televisi sedang naik.

Anantya akhirnya memutuskan untuk keluar dan memulai bisnis digital agensi miliknya sendiri pada akhir 2006. Karena belum mempunyai cukup modal, dia mencari investor untuk membantunya. Banyak pihak yang tertarik, termasuk pemilih perusahaan tempat dia bekerja dahulu. Akhirnya, dia berhasil memulai bisnisnya di kawasan Grand Wijaya, Jakarta Selatan.

April 2007, dia akhirnya memisahkan diri dari bendera para investor dan membentuk badan hukum untuk perusahaannya sendiri. Dia beri nama PT. Thinksmart Ide Brajendra. Bisnisnya ini membantu membuat promosi dan komunikasi dalam bentuk digital.

Meskipun baru, menurut Anantya, pertumbuhan bisnisnya ini dapat mencapai 70% per tahun. Dan, beberapa klien besar, seperti Aqua, Diageo, Acer dan lainnya pernah menjadi kliennya bahkan beberapa diantaranya menjalin kerja sama jangka panjang.

3.Bisnis Digital Agensi, Sukses di Era Digital 2

Anantya juga selalu memberikan informasi lengkap mengenai bisnisnya ini kepada klien yang dia datangi. Hal ini untuk mengatasi persaingan dengan semakin banyaknya bisnis sejenis yang bermunculan.

Think.Web memang berjalan tanpa hambatan berarti. Tetapi, pada awal dia memulai usaha ini, dia tidak tahu bagaimana mengatur arus kas perusahaan. Pada saat itu, dia hanya seorang karyawan selama 2 tahun.

Karena masalah diatas, maka Anantya terpaksa berhutang, khususnya untuk membayar tunjangan hari raya. Dari masalah ini, dia menemukan ada utang baik dimana ada perenacanaan pengembalian. Dengan demikian, dia bisa fokus pada perusahaannya.

Selain masalah arus kas, ada satu lagi masalah yang harus dia hadapi. Masalah ini adalah pembajakan karyawan oleh perusahaan lain. Padahal, salah satu faktor terpenting dalam bidang ini adalah sumber daya manusianya.

Anantya lalu menciptakan cara agar karyawannya nyaman bekerja. Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia ini sering mengadakan seminar kecil dengan karyawannya dan membuka kesempatan untuk mereka untuk menjadi pengusaha. Dari sini, Anantya menantang karyawannya untuk membuka cabang usaha yang menjadi anak perusahaan Think.Web.

Saat ini, Anantya juga menyiapkan holding perusahaan dengan nama Pranala. Pranala akan membawahi Think.Web dengan 4 anak perusahaannya.

Saat ini, jumlah karyawan perusahaan ini sudah mencapai 100 orang dengan omzet puluhan miliar tiap tahun. Anantya juga optimis bahwa bisnis digital agensi ini masih dapat sangat berkembang dan saat ini, pasar sudah semakin siap.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *