Teropong Bisnis | Homepage
Bernard Arnault: Pengusaha dengan Ambisi Kerajaan Bisnis

Bernard Arnault: Pengusaha dengan Ambisi Kerajaan Bisnis

0 Comments 🕔14.Apr 2013

Siapakah Bernard Arnault? Dia merupakan pemegang investasi terbesar pada berbagai produk-produk mewah seperti Christian Dior, Louis Vitton dan Dom Perignon. Kekayaannya sebesar 29 Miliar Dolar menempatkan posisinya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Meskipun jumlah itu tidak sebesar penghasilannya di tahun sebelumnya dengan jumlah 41 Miliar Dolar.

Bernard Jean Etienne Arnault lahir pada 5 Maret 1949 di Prancis. Pria berusia 64 tahun ini juga dikenal sebagai teman dari mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy. Sebagai CEO dari Moet Hennessy, Bernard dinobatkan sebagai orang terkaya nomor 4 di dunia versi majalah Forbes di tahun 2012. Hingga saat ini, grup LVMH yang dibangunnya menjadi produsen produk-produk mewah.

Masa remajanya dihabiskan dengan bersekolah jurusan Teknik. Namun dia juga memiliki pekerjaan sambilan di perusahaan keluarga yang bergerak di bidang properti. Ia memang dididik dalam sebuah keluarga yang bekerja keras di bidang bisnis. Setelah ia berkeluarga, Bernard memboyong istri dan anak-anaknya ke Amerika Serikat dan melanjutkan bisnis konstruksi bangunan di Florida. Faktor utama kepindahannya ke negara baru ini akibat situasi politik Prancis yang tidak stabil di masa itu. Setelah menunggu pulihnya situasi politik, ia dan keluarganya akhirnya kembali ke negeri kelahirannya dan berhasil mengakuisisi Boussac, sebuah perusahaan yang terkenal dengan produk mewahnya seperti Christian Dior.

Ambisi Imperium Bisnis

Kemenangannya berlanjut setelah berhasil membeli saham di LMVH dan memegang kendali di perusahaan ini. Kebijakannya sangat tegas terbukti dengan pemecatan beberapa karyawan lama dan ia pun mendatangkan seorang desainer baru untuk menangani langkah perusahaan. Bernard memang punya ambisi untuk menguasai merek-merek papan atas dunia. Berbagai strategi ia terapkan untuk menguasai beberapa merek mewah seperti Sephora, Tag Heur, Givenchy dan beberapa merek minuman mahal. Akibat dari berbagai langkahnya ini, Bernard sering dikritik karena dianggap terlalu ambisius dan punya rencana-rencana gila untuk membangun sebuah monopoli kerajaan bisnis. Memang, usaha-usahanya membuahkan hasil luar biasa dalam beberapa dekade dan menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di Eropa.

Inovasi Kreatifitas dan Kemewahan

Terlihat dari berbagai langkah yang diterapkan, Bernard ingin berkonsentrasi pada bisnis produk merek mewah. Ia membuktikannya dengan menjual berbagai unit perusahaan yang tidak ada kaitannya dengan produk mewah. Baginya, dunia fashion harus selalu dikembangkan melalui ide kreatif, dan tentunya eksklusivitas yang mewah. Kebijakannya untuk selalu mengembangkan ide-ide kreatif disinyalir dari pengalamannya sebagai seorang pebisnis yang juga mendalami seni musik klasik seperti permainan piano. Oleh sebab itu, sangat wajar jika ia bisa mempertahankan hak kepemilikannya atas beberapa merek mewah dunia.

Tahun 2007, Bernard menerima penghargaan dari Pemerintah Prancis dengan title Commander of the French Legion of Honor. Bernard juga sempat mengungkapkan keinginannya untuk berpindah kewarganegaraan Belgia.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *