Teropong Bisnis | Homepage
Bermodalkan Resep Kue dari Ibu, Seorang Pengusaha Kue Raup Omset Milyaran Rupiah

Bermodalkan Resep Kue dari Ibu, Seorang Pengusaha Kue Raup Omset Milyaran Rupiah

0 Comments 🕔14.Aug 2014

Adalah Liche Lidiawati, seorang pengusaha kue yang kini sangat sukses. Ia tak pernah menyangka jika bisnis kue miliknya ini akan sesukses ini. Liche merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Unpad. Jauh dari bidang kesehatan gigi, ia justru menekuni bidang lainnya yaitu bidang kuliner. Liche memang menyukai kue. Ia lalu merintis bisnis kue kering kecil-kecilan. Ia mendapatkan resep-resep kue kering dari sang bunda yang memang sangat mahir dalam membuat kue kering. Liche pun kemudian belajar memasak terutama membuat kue dari sang bunda. Hampir sebagian besar waktunya ia habiskan di dapur untuk membuat kue kering. Apalagi setelah ia memiliki buah hati. Ia sangat bersemangat membuatkan si buah hati kue-kue kering seperti sereal.

Ternyata tak hanya si buah hati saja yang menyukai kue kering buatan Liche. Ada banyak teman kantornya yang menyukai dan memesan kue kering padanya. Kemudian di tahun 1996, Liche mulai memanfaatkan kesempatan ini untuk kemudian merintis sebuah bisnis kue kering. Ia lalu menjual kue-kue kering buatannya ke teman-teman kantor dan bahkan ke tetangga-tetangga rumah. Setiap harinya ia berhasil menjual beberapa toples kue kering dengan harga tiap toplesnya Rp. 5.000. setiap pulang dari kantor, Liche langsung menuju ke dapur untuk membuat kue kering pesanan para teman-teman kantor dan tetangga. Saat pesanan mulai banyak, ia lalu mempekerjakan 3 orang untuk membantunya. Rasa kue keringnya yang enak dan gurih, menjadikan banyak orang menyukainya.

Ternyata teman-teman kantor Liche mempromosikan kue kering buatan Liche pada teman-teman yang lainnya. Liche sendiri mengaku tidak pernah mempromosikan kue-kue kering buatannya karena memang kesibukannya membuat kue dan profesinya sebagai seorang dokter gigi di Pertamina.  Omset penjualan semakin tinggi ketika menjelang Lebaran. Di tahun 1998, Liche sempat khawatir bisnisnya akan bangkrut lantaran semua bahan-bahan untuk membuat kue naik drastis akibat krisis moneter. Namun  tak diduga, permintaan kue kering justru bertambah. Hal inilah yang kemudian membuat Liche tersadar bahwa kebutuhan orang-orang akan kue kering sangat tinggi apalagi menjelang lebaran.

Melihat kondisi ini, Liche lalu memperluas bisnisnya. Ia kemudian membeli sebuah rumah di samping rumahnya untuk dijadikan tempat usaha. Ia juga menambah karyawanya sebanyak 10 orang. Varian produk kue keringnya juga ditambahkan lagi. Sebut saja kue kering dengan varian rasa cokelat, buah-buahan, kacang hijau, dan keju. Ia juga dibantu oleh kakak iparnya yang juga sangat ahli dalam membuat kue kering. Kakak iparnya kerap memberinya saran/ masukan  seputar kue kering yang diproduksinya.

Kini bisnis kue kering Liche sudah merambah di beberapa daerah bahkan provinsi di Indonesia. Para pecinta kue di Papua dan Aceh juga bisa menikmatinya. Kini Liche telah memiliki 200 agen yang tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Harga jual kue buatan Liche sendiri sekitar p. 47.500 hingga Rp. 52.500  per-toples-nya (bila dibeli dari agen). Untuk harga retailnya sendiri bisa mencapai Rp. 70.000 hingga Rp. 75.000 per-toples-nya.

2. Bermodalkan Resep Kue dari Ibu, Seorang Pengusaha Kue Raup Omset  Milyaran Rupiah 2

Baca Juga :

Bisnis Kue Kering Jadi, Penghasil Ratusan Juta Per Bulan

Biarpun Tak Kuliah, Kini Ia jadi Pengusaha Kue dengan Omset Ratusan Juta Rupiah

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *