Teropong Bisnis | Homepage
Berawal dari Kentang, Wildan Mustofa Meraih Kesuksesan

Berawal dari Kentang, Wildan Mustofa Meraih Kesuksesan

0 Comments 🕔30.Nov 2013

Bila kita harus menyebut pengusaha sukses asal Indonesia, maka akan ada banyak nama yang kita dapatkan. Contohnya, keluarga Bakrie, Chaerul Tanjung, keluarga Salim dan lainnya. Bila kita cermati, banyak diantara mereka merangkul keluarganya untuk terjun dalam perusahaan yang mereka miliki.

Nepotisme? Tentunya bukan. Sama seperti Rasulullah, yang juga merangkul keluarganya, seperti Abu Bakar, Umar, Ali dan Ustman bin Affan. Mereka dipilih karena mereka memiliki kemampuan diatas rata-rata.

Para pengusaha Indonesia ini, juga mempersiapkan anak dan keluarganya untuk terjun dalam bisnis. Jadi, mereka melakukan persiapan sedini mungkin, untuk masa depan mereka dan juga memelihara kekayaan yang mereka dapatkan.

Bila kita melihat dunia pertanian, kita akan menemukan juga satu pengusaha sukses, bernama Wildan Mustofa, pemilik perusahaan agrobisnis Hikmah Farm di Jl. PTPN VIII Kertamanah Km 1, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Wildan menekuni usaha pertanian untuk tanaman kentang. Dia menganggap bahwa kentang adalah produk yang bergizi dan dapat menjadi makanan pokok yang sehat. Dia menjalankan usahanya ini dibantu oleh keluarga dan orang-orang yang mempunyai visi yang sama. Wildan juga tidak segan untuk berbagi ilmu dan kesuksesan yang dia miliki.

Wildan Mustofa adalah anak pertama dari H. Muhammad Adung, perintis Hikmah Farm. Ayahnya mengolah tanah seluas 1 tumbak (14 m²) yang ditanami kentang sejak 1962. Selain mudah ditanam, perawatan dan pengelolaannya juga tidak merepotkan. Dari kecil selalu bersentuhan dengan bidang pertanian membuat Wildan ingin menjadi petani sukses.

Pria kelahiran 1967 ini akhirnya berhasil lulus dari Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 1992 dan mulai serius di bisnis pertanian. Dia menjadi pemilik baru Hikmah Farm dan mengubahnya agar berfokus pada tanaman kentang.

Wildan juga melakukan semua proses, mulai dari pembenihan, penanaman sampai distribusi hasil panen.  Dia juga bekerja sama dengan berbagai pihak dan lembaga untuk bisnis barunya ini.

Pada awalnya, pembenihan sudah dilakukan Hikmah Farm sejak 1962. Tetapi, saat itu skalanya masih kecil. Setelah Wildan bekerjasama dengan IPB dan Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran, pembenihan berkembang menjadi berskala besar, hingga mampu memasok 1.000 ton bibit per bulan. Proses ini juga mampu melahirkan banyak varietas kentang baru.

Proses penanaman dilaksanakan Wildan dengan bekerjasama dengan petani yang menjadi mitra perusahaannya. Para petani ini tidak hanya diberikan fasilitas, tetapi juga pendidikan dan pengetahuan. Jadi, dengan  adanya perencanaan dan ilmu pengetahuan ini, maka hasil yang didapat akan maksimal.

Pendistribusian dilakukan dengan cara membeli hasil panen dari petani mitra dengan harga pasar dan didistribusikan. Wildan juga bekerja sama dengan pihak lain untuk mendistribusikan kentang produksinya, yaitu Balados Kentang dengan jumlah 1000 ton perbulan ke berbagai tempat di Indonesia.

Keberhasilan Wildan Mustofa ini menjadi sumbangan besar terhadap dunia pertanian tidak hanya di Jawa Barat, tetapi juga Indonesia. Dan, kini, pertanian tidak akan dipandang sebelah mata di dunia bisnis.

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *