Teropong Bisnis | Homepage
Anthony Salim, Penyelamat Salim Group di Era Krismon

Anthony Salim, Penyelamat Salim Group di Era Krismon

0 Comments 🕔29.May 2013

Anda tentunya masih ingat krisis moneter yang menimpa negara kita kurang lebih lima belas tahun yang lalu. Ya, krisis moneter yang berhasil melengserkan Orde Baru pimpinan Presiden Soeharto itu merupakan kejadian heboh sekaligus menyeramkan. Rezim Soeharto yang tumbang ternyata berpengaruh besar terhadap berbagai perusahaan raksasa saat itu. Beberapa harus berhenti beroperasi selama beberapa waktu lamanya, bahkan tidak sedikit pula yang harus rela gulung tikar akibat kondisi perusahaan yang sekarat.

Salim Group, Perusahaan Sekarat Saat Krismon

Pada era pra krismon, salah satu perusahaan raksasa yang sukses di Indonesia adalah Salim Group. Salim Group yang dipimpin langsung oleh Sudono Salim pada saat itu (Liem Sioe Liong) merupakan perusahaan kaya dan sukses dan menobatkan pemiliknya sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes (kekayaan 100 triliun rupiah). Tak tanggung-tanggung berbagai perusahaan seperti PT Indocement Tunggal Perkasa, PT BCA, PT Indomobil Sukses Internasional, PT Indofood Sukses Makmur, dan PT Bogasari Flour Mills berada di bawah pimpinan sang taipan Liem Sioe Liong.

Namun nasib berkata lain. Tahun 1998 krisis moneter terjadi di Indonesia dan dampaknya cukup tragis bagi Salim Grup. Anthony Salim yang merupakan putra dari Liem Sioe Liong didaulat untuk memimpin sekaligus menyelamatkan perusahaan yang telah berjaya itu. Anthony Salim ternyata mewarisi keahlian ayahnya dalam bertaktik bisnis. Meskipun harus menjual beberapa asset perusahaan, Anthony Salim berhasil menyelamatkan kapal perusahaan Salim Group dari kebangkrutan.

Beberapa perusahaan seperti PT BCA , PT Indocement Tunggal Perkasa, dan PT Indomobil Sukses Internasional ia relakan untuk lepas dari Salim Group. Bahkan ia harus menanggung utang sebesar Rp 52 miliar dari BLBI untuk menyelamatkan Bank BCA saat itu. Namun demikian, pria yang bernama Liem Hong Sien dalam etnis Tiong Hoa ini tetap mempertahankan perusahaan PT Indofood Sukses Makmur dan PT Bogasari Flour Mills untuk tetap berada di bawah pimpinannya.

PT Indofood Sukses Makmur Terus Berjaya Hingga Kini

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan berbagai produk mie instan yang beredar di pasaran. Sebagian besar produk mie instan dan tepung itu berada di bawah naungan Salim Group. Faktanya, PT Indofood Sukses Makmur dan Bogasari Flour Mills merupakan perusahaan produsen mie instan dan tepung terbesar di dunia. Tak salah memang Anthony Salim mempertahankan kedua perusahaan tersebut karena kini dua perusahaan itu berhasil merajai pasar mie instan dan tepung.

Tak hanya dalam negeri namun di luar negeri pun produk Salim Group mengusai pasar. Tak heran jika pria yang lahir pada hari Selasa, 25 Oktober 1949 ini mampu menggaet Nestle untuk menciptakan berbagai produk baru yang terpercaya untuk masyarakat beberapa waktu  ke depan.

Gambar: Forbes

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *