Teropong Bisnis | Homepage
Amancio Ortega: Pengusaha Fashion Berkepribadian Unik dan Tertutup

Amancio Ortega: Pengusaha Fashion Berkepribadian Unik dan Tertutup

0 Comments 🕔14.Apr 2013

Di dunia fashion, nama Amancio Ortega Gaona sangat diperhitungkan. Ia merupakan CEO dari Inditex, perusahaan terbesar di bidang pakaian. Kekayaannya sendiri dilansir sebesar 57 Miliar Dolar menurut majalah Forbes. Produk terkenalnya adalah merek Zara, Massimo Dutti, Bershka dan Pull and Bear yang digandrungi oleh para pecinta fashion di seluruh dunia.

Tercatat bahwa Ortega punya saham terbesar di Inditex. Sementara itu, semua hasil penjualan dari merek-merek fashion perusahannya meningkat hingga 50 persen. Maka, wajar jika kekayaannya meningkat hingga 19,5 Miliar Dolar. Sementara itu, pria berusia 77 tahun ini juga mengembangkan jaringan bisnisnya di bidang properti. Kabarnya, ada banyak gedung mewah yang dimilikinya dan tersebar di London, Chicago, Madrid, New York dan San Fransisco.

Tertutup dari Media Massa

Salah satu ciri khas dari pria dengan tiga anak ini adalah sikap tertutupnya dari media massa. Bahkan, ia sangat melindungi keluarganya dari incaran publikasi media massa. Satu kasus adalah saat seorang paparazzi dibayar oleh Ortega sebesar setengah juta dolar supaya tidak menyebarkan foto anak perempuannya yang sedang berbulan madu. Sementara itu, Ortega dikenal sangat pelit dalam memberikan informasi kepada wartawan. Berkali-kali ia tidak ingin melakukan wawancara ke berbagai media. Tentunya, ini adalah salah satu usaha terbaiknya supaya bisnisnya tidak terpengaruhi oleh masalah-masalah pribadi yang diumbar ke publik.

Amancio Ortega: Pengusaha Fashion Berkepribadian Unik dan Tertutup

Pribadi Ortega yang tertutup juga menyulitkan media untuk mendapatan foto dirinya. Hingga tahun 1999, tidak ada satu pun foto dari Ortega yang tercantum di media massa. Dia juga punya kebiasaan-kebiasaan unik seperti makan siang bersama para pekerjanya di kafe perusahaan dan minum kopi di tempat yang sama. Dia juga menolak untuk mengenakan dasi dan suka mengenakan produk pakaian sederhana yang tidak satu pun berasal dari Zara. Dia sendiri terlibat langsung dalam proses produksi dan desain di perusahaan.

Tahun 2000, Ortega akhirnya mau menampakkan diri ke hadapan publik. Hal ini menyita perhatian media Spanyol dan sempat menjadi headline di beberapa media massa. Namun, selama ini hanya ada 3 orang jurnalis yang bisa mewawancarainya.

Saham Terbesar di Inditex

Ortega dilahirkan di Busdongo de Arbas, Leon Spanyol pada 28 Maret 1936. Di usia 14 tahun, ia pindah ke La Coruna terkait dengan pekerjaan ayahnya sebagai pekerja rel kereta api. Dalam usia remajanya, Ortega pun bekerja sebagai penjual pakaian di sebuah toko lokal bernama Gala. Tahun 1972, dia mendirikan perusahaan konveksi bernama Goa yang dimbil dari inisial namanya secara terbalik.

Di tahun 1975, Ortega membuka toko pertamanya bernama Zara yang kelak menjadi merek dunia dan termasuk dalam jaringan besar industri Inditex. Saat ini, Ortega menanam saham sebesar 59, 29 persen di grup Inditex dengan lebih dari 6000 toko yang tersebar dan 92.000 pekerja.

Gambar: Forbes.com

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *