Teropong Bisnis | Homepage
5 Rahasia Sukses Richard Branson meraih Kekayaan US$ 5,1 miliar

5 Rahasia Sukses Richard Branson meraih Kekayaan US$ 5,1 miliar

0 Comments 🕔01.Jul 2014

Bila Anda harus menyebutkan satu nama pengusaha tersukses didunia, mungkin Anda akan menyebutkan nama Richard Branson. Chairman grup Virgin ini memang dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$ 5,1 miliar. Dia juga memimpin grup Virgin yang menaungi 400 perusahaan.

Dari 400 perusahaan tersebut, 8 perusahaan diantaranya bahkan mampu mencetak omzet tahunan lebih dari US$ 1 miliar. Yang menakjubkan, Branson mengawali bisnisnya dari usaha rekaman kecil pada tahun 1970. Selain itu, dia juga putus sekolah.

Branson menghabiskan 40 tahun untuk mempelajari gaya berbisnis yang tepat untuk dia. Melalui bukunya, Like a Virgin: Secrets They Won’t Teach You at Business School yang diluncurkan pada tahun 2012, Branson mengungkap beberapa rahasia gaya berbisnisnya. Berikut beberapa 5 rahasia sukses tersebut:

1. Nikmati

Branson mengungkapkan saat memulai bisnis tempat rekaman Virgin, dia tidak mempunyai pikiran ingin mendirikan sebuah bisnis besar. Dia hanya ingin membuat usaha yang sederhana, dimana orang dapat menikmatinya saat menggunakannya. Dan, dia juga dapat menikmatinya saat menjalankan bisnisnya tersebut. Dan yang terpenting, setiap hari dia berdoa agar pemasukan yang diterimanya dapat digunakan untuk membayar tagihan.

2. Inovatif dan Berbeda

Richard Branson mungkin dikenal sebagai seorang yang eksentrik saat ini. Namun, yang menarik, kepribadiannya yang unik ini memang sudah ada sejak dulu.

Branson mengungkapkan, salah satu rahasianya adalah dia selalu berinovasi dan membuat sesuatu yang berbeda dari orang lain. Hal ini terlihat dari nama yang dia pilih untuk perusahaannya pada tahun 1970, Virgin. Nama unik dan mungkin terdengar nakal.

Selain itu, inovasi juga datang bertubi-tubi darinya. Mulai dari membanting setir dari menjalankan perusahaan rekaman dan mencoba bisnis baru dengan Virgin Atlantic, yaitu maskapai penerbangan pada tahun 1984. Lalu, Branson memberikan kejutan lagi dengan Virgin Galactic, yang menyediakan layanan perjalanan ke luar angkasa.

3. Kebanggaan dalam Bekerja

Branson mengatakan karyawan merupakan aset paling berharga dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, dia sangat sedih bila mendengar seorang karyawan yang menyesal bekerja di tempat karyawan tersebut bekerja. Jadi, dia selalu ingin membuat karyawan nyaman dan merasa bangga bekerja di perusahaannya. Dengan cara ini, karyawan tersebut akan bekerja lebih keras dan mampu melakukan sesuatu yang lebih untuk perusahaan.

4. Memimpin dengan Mendengar

Ungkapan ini sangat tepat. Branson mengatakan seorang pemimpin yang baik tidak boleh memaksakan pandangannya. Mereka juga harus mau mendengar dan memotivasi karyawannya untuk memberikan gagasan untuk perusahaannya. Dengan demikan maka perusahaan dapat berkembang lebih baik.

5. “Jadilah Terlihat”

Branson mengataka pemilik perusahaan sebaiknya tidak membatasi dan mematikan hubungan dengan karyawan. Richard Branson sendiri sangat suka berkomunikasi secara langsung dengan karyawan atau pelanggannya. Dengan demikian, dia tahu apa yang dibutuhkan dan yang terbaik untuk perushaaannya.

AUSTRALIA-MALAYSIA-BRITAIN-AIRASIA-AUTO-PRIX-BRANSON

BACA JUGA:

3 Rahasia Menjadi Miliarder Wanita Kelas Dunia

Kisah Sang Ratu Lidah Buaya

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *