Teropong Bisnis | Homepage
4,3 Miliar Di Genggaman Melati, Hanya dari Bisnis Telur Ayam

4,3 Miliar Di Genggaman Melati, Hanya dari Bisnis Telur Ayam

0 Comments 🕔07.May 2014

Telur ayam dapat dikatakan sebagai salah satu lauk praktis sehari-hari. Oleh karena hal ini pula, telur ayam dapat dikatakan dibutuhkan dan dibeli setiap harinya oleh banyak orang. Bila dilihat dari kacamata bisnis, hal ini sangatlah berpotensi menghasilkan keuntungan. Hal ini pulalah yang berhasil dilakukan oleh Melati Fajarwati, seorang pengusaha telur ayam asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Usia Melati masih 20 tahun, akan tetapi, dari bisnis telur ayam miliknya, dia berhasil menjadi milyarder. Bayangkan saja, dalam setahun, bisnisnya mampu menghasilkan omzet hingga Rp. 4,3 miliar.

Omzet dan keuntungan yang begitu besar dari bisnis telur ayam ini tidak didapat dengan mudah. Melati membutuhkan banyak waktu, perjuangan dan kreativitas, untuk mengembangkan bisnisnya ini.

Awalnya, Melati tertarik mengikuti lomba kewirausahaan yang diadakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan. Dia mengikuti lomba ini karena tertarik dengan peluangnya setelah melihat peternakan ayam Balqis milik tetangganya. Yang dia temukan dari hal ini adalah pengelolaannya yang tidak terlalu maksimal.

sosok inspirasi, bisnis telur ayam, usaha sampingan, usaha bisnis, wirausaha mandiri

Akhirnya, Melati membuat rencana usaha  yang berkaitan dengan peternakan ayam Balqis ini. Dan, dia memilih telur ayam sebagai produknya. Gayung pun bersambut. Rencana usaha yang dibuat Melati ternyata disetujui oleh pihak penyelenggara lomba dan mereka bersedia membantu mewujudkan usaha yang dia rancang.

Melati tidak berhenti sampai disini. Dia pun ingin mengembangkan bisnis telur ayam miliknya ini. Melati pun mencoba mengikuti lomba kewirausahaan dari Bank Mandiri. Hasilnya cukup memuaskan, dengan Melati keluar sebagai pemenang lomba ini.

Melati mendapatkan hadiah dari lomba wirausaha dari Bank Mandiri, yang dia gunakan untuk mengembangkan usahanya. Kini, bisnis telur ayam Melati berkembang sangat pesat. Hal ini tampak dari kapasitas produksi usahanya yang mencapai 4 ribu butir telur perhari.

Telur yang dihasilkan Melati jual seharga Rp. 2.500 per butirnya. Dari sini, Melati dapat menghasilkan pemasukan yang cukup besar. Bahkan keuntungan bersih per harinya mencapai Rp. 10 juta.

Melati juga memasarkan produk teluar ayam miliknya ke luar pulau, bahkan hingga ke Pulau Jawa. Hal ini pulalah yang menjadi faktor penting berkembang pesatnya usahanya ini.

Peternakan Melati yang terletak di daerah Parit Wak Liji, Kabupaten Kubu Raya berkembang karena kepandaian Melati dalam melihat peluang. Menurutnya, peluang bisnis teluar ayam organik sangat menjanjikan saat ini, khususnya untuk telur ayam Arab atau ayam Balqis. Dia pun mau bekerja keras dan mewujudkan mimpinya untuk sukses di bisnis ini.

Selain itu, Kalimantan Barat, daerah dia tinggal, mempunyai lahan yang luas yang cocok untuk membangun peternakan. Dengan sedikit usaha keras dan kreativitas, mengembangkan usaha ini tidaklah sulit. Melati menjadi buktinya. Dia mampu sukses besar dengan bisnis telur ayam miliknya.

sosok inspirasi, bisnis telur ayam, usaha sampingan, usaha bisnis, wirausaha mandiri

BACA JUGA:

Menjadi Milyader Dari Bisnis Pigura

Keberanian Dan Kreativitas Resep Kesuksesan Bisnis Mircofinance Andi

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *