Teropong Bisnis | Homepage
2 Tips Pengusaha Muda Sukses ala Jokowi

2 Tips Pengusaha Muda Sukses ala Jokowi

🕔12.Nov 2013

Bila Anda mendengar nama Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan nama Jokowi, mungkin satu hal yang muncul di pikiran Anda adalah kebiasaan blusukan Jokowi. Akan tetapi, blusukan bukan hanya hal unik dari Jokowi. Beberapa waktu yang lalu, beliau juga menjadi pengisi kuliah umum di Gedung Prof Soedarto Undip Semarang.

Kuliah umum ini mempunyai tema “Membangun Entrepreneur Muda dan Tantangan Nasionalisme Indonesia di Abad XXI” Pada kuliah umum ini, Gubernur DKI Jakarta ini memberikan beberapa informasi penting terhadap peserta. Salah satunya adalah beberapa tips untuk para mahasiswa tentang cara untuk menjadi seorang pengusaha yang tangguh dan siap menghadapi pasar bebas.

Ada beberapa tips yang disampaikan di acara ini.

  1. Mimpi

Menurut Jokowi, bila Anda ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses dan masuk dalam dunia bisnis, maka Anda harus mempunyai mimpi. Dan, tidak perlu kecil, anda perlu bermimpi sebesar-besarnya.

Jokowi mencontohkan saat dia ingin masuk dalam dunia bisnis. Dia mempunyai mimpi untuk bisa mengekspor produk-produk mebelnya.

  1. Segera Mengambil Keputusan

Menurut Jokowi, hal inilah yang menjadi salah satu hal yang membutuhkan keberanian saat melakukannya. Dengan segera mengambil keputusan, maka langkah anda untuk sukses di dunia usaha akan segera dimulai.

Jokowi mengambil perumpamaan, saat Anda ingin masuk ke danau, jangan hanya karena Anda takut ada buaya, maka Anda menghentikan langkah Anda untuk memasuki danau tersebut. Mungkin saja, didalam danau tersebut ada intan dan mutiara yang bisa anda dapatkan.

Menurut Jokowi, Anda harus berani menghadapi buaya ini. Anda harus tahu apa yang harus Anda lakukan terhadap buaya ini, entah itu dimanfaatkan kulitnya untuk menjadi sepatu dan lainnya.

Jokowi juga mengatakan bahwa tips kedua ini juga yang menjadi dasar dia saat mengambil keputusan untuk menjalankan rencana proyek MRT untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Hal ini dikarenakan rencana ini sudah dimulai sejak 24 tahun dan untuk monorel sudah dimulai 15 tahun yang lalu.

Pihak pengambil keputusan terlalu lama berpikir tentang berbagai hal, sehingga rencana ini tidak direalisasikan. Padahal, banyak ahli yang dapat menangani berbagai aspek di bidang ini.

Salah satu contohnya, Jokowi mengungkapkan pemerintah sebelumnya takut bila kereta bawah tanah akan terkena masalah banjir. Tetapi, menurut Jokowi, banyak ahli yang dapat mengatasi hal ini.

Rencana MRT dan monorel ini bahkan sudah dibuat jauh lebih dulu daripada negara lain. Akan tetapi, pelaksanaannya jauh tertinggal.

Pada saat pengurusan dokumen untuk proyek ini, Jokowi langsung mendatangi Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, PU dan Perhubungan. Menurutnya, bila mengandalkan utusan, maka urusan ini tidak akan selesai. Dan memang, setelah Jokowi tangani sendiri, dalam 5-6 bulan, urusan dokumen terselesaikan.

 

Similar Articles

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho!

TIKI EXPO, Event Seru Dan Menarik Untuk Kamu Dan Bisnismu Lho! 0

Nama TIKI pasti ngga akan begitu asing lagi ya di telinga kita semua, tentu aja

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca

Inspirasi Usaha Keluarga ala Mecca 0

Banyak artis terkenal yang juga sukses menjalankan usaha mereka, yang dapat Anda lihat dan jadikan inspirasi

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil

Ini Dia Wanita yang Sukses dengan Bisnis Toko Pensil 0

Pada suatu pagi di bulan Februari 2016, ada seorang pria yang memesan banyak pensil dan

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana

Inspirasi Usaha dari Orang Kaya Paling Sederhana 0

Ada banyak orang sukses yang dapat Anda jadikan inspirasi usaha untuk membuat usaha Anda berkembang dan sukses.

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda

Melihat Pentingnya Kepercayaan sebagai Inspirasi Bisnis Anda 0

Salah satu hal terpenting dalam sebuah bisnis adalah kepercayaan dari konsumen. Untuk hal satu ini,