Teropong Bisnis | Homepage
WICL Klaim Akan Membeli Bank Mutiara

WICL Klaim Akan Membeli Bank Mutiara

0 Comments 🕔26.Jun 2013

Satu perusahaan membeli perusahaan lainnya adalah hal umum yang banyak terjadi di dunia ini setiap harinya. Hal ini yang dapat membuat hidup suatu perusahaan tetapi berjalan dan untuk perusahaan yang membeli perusahaan lainnya, maka perusahaan tersebut akan dapat mengembangkan bisnis mereka. Dan ternyata, ada aturan dan etika saat terjadi proses ini. Memang, tidak akan berdampak sangat besar, tetapi, hal ini bisa membuat salah satu pihak merasa tidak enak. Salah satunya adalah pada proses penjualan PT. Bank Mutiara, Tbk.

WICL-Klaim-Akan-Membeli-Bank Mutiara-3

Klaim Weston International Capital Limited (WICL)

Seperti yang banyak orang tahu, saat terjadi proses penjualan suatu perusahaan, maka nama-nama perusahaan yang tertarik untuk membelinya tidak akan diumumkan ke publik. Akan tetapi, beberapa waktu yang lalu, WICL mengklaim bahwa mereka akan membeli PT. Bank Mutiara, Tbk, padahal, proses penjualan Bank Mutiara belum selesai. Selain itu, ada banyak perusahaan lainnya yang juga tertarik untuk membeli perusahaan ini dan mereka bukan tidak punya kesempatan untuk mendapatkan perusahaan ini. Kejadian ini mengejutkan banyak pihak. PT. Danareksa Sekuritas yang menjadi penasihat keuangan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada proses penjualan PT. Bank Mutiara, Tbk, juga bertanya-tanya mengenai tindakan WICL saat mengumumkan hal tersebut. Meskipun merahasiakan nama perusahaan yang akan membeli  suatu perusahaan bukannlah suatu aturan yang baku, tapi, apa yang dilakukan oleh WICL bukanlah hal biasa yang dilakukan oleh perusahaan lainnya, kata Marciano H. Herman, Direktur Utama PT. Danareksa Sekuritas. PT. Danareksa Sekuritas juga belum mengungkapkan nama-nama perusahaan yang akan terlibat di proses penjualan Bank Mutiara. Masih menurut Marciano, ada beberapa hal dimana perusahaan yang menjadi pihak ketiga yang memfasilitasi proses penjualan suatu perusahaan mengumumkan nama-nama perusahaan yang tertarik dan ingin membeli perusahaan yang akan dijual tersebut, setelah beberapa persyaratan untuk ikut dalam proses penjualan sudah terpenuhi semuanya. Sedangkan ketertarikan pihak WICL masih diteliti oleh LPS. Hal ini dikarenakan WICL baru memasukkan data mengenai penawaran mereka untuk membeli Bank Mutiara.

WICL-Klaim-Akan-Membeli-Bank Mutiara-6

Contoh Pengungkapan Nama Perusahaan dalam Pembelian Perusahaan

Marciano juga mengungkapkan ada salah satu contoh dimana suatu perusahaan yang tertarik membeli perusahaan lainnya baru mengungkapkan ketertarikannya setelah melalui proses panjang, yaitu saat DBS membeli Bank Danamon. Pihak DBS baru mengungkapkan bila mereka tertarik dan akan membeli Bank Danamon, setelah proses pembelian akan selesai. Hal ini dilakukan setelah DBS melalui semua tahap dan memenuhi segala persyaratan untuk membeli Bank Danamon. Memang, klaim yang dilakukan WICL menimbulkan banyak tanggapan dari berbagai pihak. Tapi, bila kita lihat dengan seksama, maka, sebenarnya, hal ini tidak akan memberikan dampak yang begitu berarti pada proses penjualan Bank Mutiara.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *