Teropong Bisnis | Homepage
Update info mengenai ekonomi terbaru

Update info mengenai ekonomi terbaru

0 Comments 🕔28.Jun 2013

Kenaikan Upah Buruh Menimbulkan Masalah Bagi Para Pengusaha

Kenaikan harga BBM masih saja menimbulkan dampak yang tidak bagus untuk masyarakat kecil, terutama kaum buruh. Pasalnya Raja Sapta Oktohari, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia, mengumumkan bahwa upah buruh tidak perlu untuk dinaikkan. Terutama pasca kenaikan harga BBM yang sedang berlangsung saat ini. Hal ini tentunya memiliki alasan. Beliau menjelaskan bahwa jika gaji buruh dinaikan maka akan terjadi sebuah kontraksi di perekonomian Indonesia. Hasilnya, masalah ekonomi yang terjadi di Indonesia, di sektor lainnya, akan semakin sulit untuk dikendalikan. Bagiamanapun juga kenaikan harga BBM bersubsidi merupakan langkah terbaik untuk menjaga supaya perkembangan ekonomi yang ada saat ini tetap stabil dan tidak memberikan masalah.

ekonomi-upah-buruh-3

Kebijakan Menaikkan Upah Buruh Wajib untuk Dikaji Ulang

Selain itu, usai bertemu dengan wakil presiden RI kemarin, Okto memaparkan bahwa pemerintah tidak perlu terburu-buru dalam melakukan penyesuaian-penyesuaian, misalnya harga BBM naik berarti upah buruh juga naik, hal itu harus dipertimbangkan dan dikaji lebih dalam lagi. Keputusan yang dilakukan secara cepat tanpa adanya pengkajian yang baik akan menimbulkan masalah baru yang mana semakin merugikan rakyat banyak. Ini bukanlah hal yang bagus tentunya bagi perekonomian yang ada di Indonesia saat ini. Mengingat masalah lain juga banyak yang harus diselesaikan, misalnya nilai tukar dollar terhadap rupiah yang semakin tinggi, hampir mencapai 10.000, dan juga masalah value emas yang makin menurun.

Di samping itu, beliau juga mengeluhkan adanya kenaikan tarif angkutan umum yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia. Kenaikan tarif angkutan, kenaikan gaji dan lain sebagainya, itu harus melalui sejumlah tahapan terlebih dahulu, tidak boleh langsung begitu saja. Ini juga bertujuan untuk menghindari dampak negatif yang signifikan bagi para pengusaha dan buruh yang ada di Indonesia. Saat ini juga Ramadhan akan segera tiba, maka dari itu kenaikan harga juga pasti menjadi hal yang tidak bisa dibendung lagi. Nantinya, jika kenaikan harga yang terjadi tidak bisa dikendalikan, maka ini akan menyusahkan para pengusaha. Kondisi ekonomi akan menjadi semakin semrawut dan tidak tertata dengan baik.

ekonomi-upah-buruh-2

Semua Memerlukan Pengkajian yang Dalam

Okto juga mengingatkan M.S Hidayat, Menteri Perindustrian, untuk tidak terburu-buru dalam mengeluarkan kebijakan mengenai naiknya gaji karyawan di tahun depan sebesar 10 persen. Wacana ini harus dibahas dengan lebih serius lagi. Keputusan yang terburu-buru dan tanpa perhitungan yang baik juga bukanlah hal yang bijak dan tepat untuk dilakukan. Perubahan Upah buruh yang terlalu tergesa-gesa akan menyusahkan para pengusaha dan jika ini benar-benar terjadi, maka bisa menimbulkan adanya PHK besar-besaran di sejumlah perusahaan. Hal ini jelas dikarenakan pengusaha harus mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk membayar gaji untuk buruh mereka.  Semua harus disesuaikan dengan kondisi yang ada dan tidak boleh diputuskan secara cepat.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *