Teropong Bisnis | Homepage
Upaya Pemerintah Mengantisipasi adanya Kelangkaan BBM Menjelang Lebaran

Upaya Pemerintah Mengantisipasi adanya Kelangkaan BBM Menjelang Lebaran

0 Comments 🕔01.Aug 2013

Menjelang hari raya seperti ini, pasti ada yang perlu diperhatikan oleh pemerintah terkait dengan kondisi ekonomi yang sering terjadi. Selain naiknya harga bahan makanan dan juga kebutuhan pokok, tentu saja pada momen seperti ini akan terjadi banyak sekali masalah yang mungkin bisa membuat masyarakat merasa kurang nyaman. Tentu saja ini permasalahan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah menjelang hari raya, seperti saat ini.

Salah satu masalah ekonomi yang tak luput dari pandangan pemerintah adalah adanya kelangkaan Bahan Bakar Minyak atau BBM menjelang lebaran seperti ini. Pemerintah pun sudah mempersiapkan kondisi yang mungkin terjadi. Bahkan pemerintah sudah mengkaji masalah apa saja yang mungkin timbul dan bagaimana solusinya untuk mengantisipasi masalah dan kondisi tersebut.

Jero Wacik selaku menteri energi dan sumber daya mineral mengatakan bahwa mereka sudah melakukan persiapan dalam rangka menyambut hari besar keagamaan seperti lebaran saat ini. ada beberapa upaya persiapan menjelang hari besar tersebut.

Upaya-Pemerintah-Mengantisipasi-adanya-Kelangkaan-BBM-Menjelang-Lebaran-2

Lima Upaya Mengantisipasi Kelangkaan BBM Menjelang Lebaran

Ada beberapa upaya yang telah dirumuskan guna mengatisipasi kemungkinan adanya kelangkaan BBM menjelang lebaran. Pertama, BBM disiapkan duapuluh satu hari sebanyak sekitar empat puluh satu kantong SPBU. Dengan begitu, akan ada kantong-kantong transit yang bisa mensuplai BBM sewaktu-waktu.

Kemudian upaya kedua adalah Jawa Tengah dijadikan pusat dari suplai BBM yang lebih banyak. Kenapa? Tentu saja karena para pemudik biasanya mengisi BBM di kawasan Jawa Tengah, baik itu untuk pemudik dari Jawa timur maupun Jawa barat. Selain itu Jawa Tengah menjadi salah satu tujuan mudik terbanyak.

Untuk gas LPG sendiri pasokannya akan dipastikan untuk tujuhbelas hari. Hal ini karena tentunya aktifitas memasak akan jauh lebih tinggi. Selain itu, harganya juga tidak akan naik. Sedangkan untuk konsumsi listrik yang juga mungkin akan meningkat, namun akan tetap seimbang dengan liburnya pabrik dan juga perkantoran.

Jadi bukan masalah besar, namun akan dilakukan pemantauan untuk gardu-gardu listrik guna mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin bisa muncul, misalnya gardu yang disambar listrik, dan sebagainya. Adanya kemungkinan bencana geologi pun sudah dipersiapkan dengan menempatkan alat berat di kawasan-kawasan rawan bencana.

Keefektifan Upaya Antisipasi Pemerintah

Jika Anda memiliki pengalaman yang kurang mengenakkan saat lebaran-lebaran sebelumya, misalnya masalah langkanya BBM, mungkin lebaran kali ini hendaknya jauh lebih baik. BBM lebih mudah diperoleh di titik-titik jalur mudik, sehingga para pemudik tak perlu khawatir lagi.

Selain itu, penggunaan gas untuk memasak pada hari raya yang juga pastinya konsumsi gas akan meningkat drastis, juga tak perlu takut kehabisan atau justru takut harganya naik karena hal ini sudah diantisipasi oleh pemerintah. Konsumsi listrik pun sudah dinyatakan akan aman, jadi sebetulnya upaya pemerintah sudah mencakup hampir ke semua permasalahan yang terjadi menjelang hari raya seperti ini.

Upaya-Pemerintah-Mengantisipasi-adanya-Kelangkaan-BBM-Menjelang-Lebaran-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *