Teropong Bisnis | Homepage
Uang Berkembang Menjadi Penghasilan Tetap dengan Obligasi

Uang Berkembang Menjadi Penghasilan Tetap dengan Obligasi

0 Comments 🕔07.May 2013

Meroketnya harga pasar dan bahan bakar minyak tentunya membuat Anda semakin gigih dalam mencari pendapatan. Semua orang entah itu pegawai kantoran maupun wirausahawan pastinya masih menginginkan penghasilan tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga tercinta. Berbagai macam cara pun dilakukan seperti berinvestasi di pasar modal, logam mulia, reksadana dan obligasi.

Anda mungkin pernah mendengar salah satu jenis investasi yang bernama obligasi. Ya, obligasi merupakan salah satu jenis investasi dalam bentuk surat hutang perusahaan. Dengan membeli surat obligasi yang diterbitkan sebuah perusahaan maka Anda secara resmi telah menjadi pemberi hutang dan perusahaan tersebut berhutang pada Anda. Kejadian hutang ini dilegalkan dalam bentuk surat hutang yang disebut dengan obligasi. Bagi Anda yang menginginkan penghasilan tetap di luar gaji kantor Anda, maka investasi obligasi merupakan jenis investasi yang tepat yang dapat Anda ambil.

Obligasi dan Jenis-Jenisnya

Dengan membeli surat hutang obligasi maka suatu perusahaan resmi berhutang uang pada Anda. Tentu saja Anda akan mendapat keuntungan dari hutang yang telah Anda pinjamkan tersebut secara berkala sesuai dengan aturan obligasi perusahaan yang berlaku. Adapun jenis-jenis surat hutang obligasi dibagi menjadi dua, yakni Obligasi Korporasi dan Obligasi Surat Utang Negara (SUN).

Obligasi Korporasi merupakan surat hutang yang dikeluarkan sebuah perusahaan non-pemerintah. Obligasi Korporasi ini juga mencakup surat hutang yang diterbitkan oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Untuk membeli Obligasi Korporasi sebaiknya Anda memilih perusahaan yang kredibel dan bagus track record-nya. Jika Anda belum mengetahui pasti perusahaan mana yang akan Anda pilih, lakukan konsultasi aktif di lembaga sekuritas kepercayaan Anda. Obligasi Korporasi memang tidak seaman SUN (Surat Utang Negara) namun Anda dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Surat Utang Negara (SUN) merupakan jenis surat hutang obligasi yang diterbitkan oleh negara. SUN merupakan pilihan obligasi yang tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan aman dan tenang. Pasalnya, kondisi perekonomian negara kita yang baik, suku bunga rendah dan daya beli masyarakat yang tinggi menyebabkan pasar obligasi memiliki harapan yang cerah. Jika Anda ingin membeli obligasi secara perorangan, jenis SUN yang dapat diambil adalah ORI, Sukuk atau Sukuk Ritel (SUKRI).Namun demikian, SUN tidak menjanjikan hasil sebesar Obligasi Korporasi. Kelebihan SUN terletak pada keamanannya.

Cara Membeli Obligasi

Anda tidak perlu susah-susah membeli langsung obligasi ke suatu perusahaan atau lembaga pemerintah. Pasalnyaa kini banyak tersedia perusahaan perantara obligasi yang merupakan lembaga keuangan, lembaga sekuritas atau broker saham. Dengan menyetorkan sejumlah dana untuk membuka trading account di dalamnya, Anda sudah siap untuk membeli obligasi yang Anda pilih. Anda pun tidak harus menyetorkan sejumlah uang karena asset pun dapat Anda setorkan, seperti saham misalnya.

Gambar: pasardana.com

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *