Teropong Bisnis | Homepage
Total E&P Indonesia West Papua Akan Mulai Mengebor Papua Akhir Juni 2013

Total E&P Indonesia West Papua Akan Mulai Mengebor Papua Akhir Juni 2013

0 Comments 🕔18.Jun 2013

Total-E&P-Indonesia-West-Papua-Akan-Mulai-Mengebor-Papua-Akhir-Juni-2013-2

Perusahaan asal Perancis Total E&P akan mulai melakukan pengeboran sumur eksplorasi yang berada di Anggrex Hitam-1x, Blox 1-x, Blok Southwest Brid’s Head di Papua mulai akhir Juni mendatang. Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Avep Disasmita selaku District Manager Total E&P Indonesia West Papua, dalam keterangan tertulisnya kemarin (16/6) mengatakan bahwa perusahaannya telah mengirimkan sebuah rig pengeboran yang berjenis swamp barge Maera dari Kalimantan Timur ke Sorong Selatan pada tanggal 5 Juni kemarin. Rig pengeboran tersebut rencananya akan tiba di Tanjung Suabor, Sorong Selatan, Papua Barat pada hari ini (17/6)

Pengeboran Minyak dan Gas Akan Berlangsung Selama 2,5 Bulan

Dalam laporan tertulis tersebut, Avep juga mengatakan bahwa operasi pengeboran minyak dan gas di Papua Barat ini rencananya akan berlangsung kurang lebih selama dua setengah bulan. Untuk menyambut kedatangan rig pengeboran Maera ini, pihak perusahaan telah meminta masyarakat setempat untuk melaksanakan upacara adat penyambutan sesuai adat masyarakat setempat yang akan diselenggarakan pada hari ini (17/6). Upacara adat penyambutan rig Maera ini akan melibatkan sekitar 200 orang penduduk lokal yang berasal dari 2 suku utama yang memiliki hak ulayat di lokasi tersebut.

Total E&P Telah Mempekerjakan Warga Lokal

Masih berdasarkan informasi tertulis dari Avep, ia juga melaporkan bahwa beberapa perusahaan nasional dan lokal yang ikut ambil bagian dalam kegiatan persiapan eksplorasi perusahaan Total E&P ini juga telah melibatkan sejumlah penduduk setempat dengan cara mempekerjakan mereka. Misalnya saja PT Modern, perusahaan kontraktor lokal dari Papua Barat. Perusahaan ini telah mempekerjakan sebanyak 120 warga lokal untuk membantu proses pembersihan lahan yang nantinya akan digunakan untuk lokasi pengeboran. Selain itu, ada pula PT Onasis, sebuah perusahaan kontraktor yang juga telah melibatkan sebanyak 36 warga lokal untuk bekerja dalam proyek ini. Tidak mau ketinggalan, PT Apexindo, perusahaan yang akan mengoperasikan rig pengeboran Maera dan menjalankan operasi pengeboran ini juga telah mempekerjakan 16 warga lokal. Secara keseluruhan, untuk kegiatan persiapan eksplorasi tersebut perusahaan Total telah memakan waktu 124.500 jam kerja dan juga 150 hari kerja tanpa kehilangan waktu karena adanya kecelakaan dalam tahap persiapan lokasi pengeboran ini.

Seperti diketahui sebelumnya, perusahaan dari Perancis Total E&P ini telah berhasil memenangkan tender PSC pada bulan Agustus tahun 2011 silam dalam paruh kedua Reguler Tender untuk periode 2010. Lokasi blok eksplorasi ini berada di lepas pantai Salawati Basin, Papua Barat yang mencakup wilayah seluas 7.176 km2. Selain itu, akuisi blok pengeboran ini juga sesuai dengan strategi dan target yang lebih agresif dan penuh tantangan. Namun, blok ini menawarkan prospek yang cukup luas di wilayah – wilayah frontier.

Total-E&P-Indonesia-West-Papua-Akan-Mulai-Mengebor-Papua-Akhir-Juni-2013-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *