Teropong Bisnis | Homepage
Tips Memilih Sekuritas Saham Yang Terpercaya

Tips Memilih Sekuritas Saham Yang Terpercaya

0 Comments 🕔28.Jan 2014

Ketika Anda ingin berinvestasi saham di bursa efek Indonesia, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftarkan diri menjadi salah satu investor di BEI tersebut. Tentunya, hal tersebut tak lantas membuat Anda langsung tercatat menjadi investor, karena untuk menjadi pemilik saham, Anda harus membuka rekening di pialang saham. Apa itu pialang saham? Pialang saham adalah perusahaan yang akan memandu Anda ketika bertransaksi dengan saham-saham yang Anda punya sehingga nantinya investor dapat mengetahui keuntungan dan kerugian jadi pemegang saham. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar memilih sekuritas saham, agar Anda tak mengalami kerugian ketika menanam saham di BEI. Berikut cara memilih sekuritas saham yang terpercaya.

Pertama, Anda sebaiknya mengecek apakah pialang saham yang Anda pilih sudah masuk dalam daftar anggota bursa efek Indonesia. Anda bisa mengetahuinya lewat web BEI, sehingga Anda tak akan terkena penipuan yang mengatasnamakan pialang saham. Kedua, sebelum Anda mendaftar di perusahaan yang mengurusi sekuritas saham tersebut, Anda sebaiknya perlu mengetahui struktur modal yang digunakan oleh pialang saham tersebut. Setelah Anda paham, barulah Anda bisa memilihnya sebagai penasehat Anda dalam menanamkan saham di BEI. Ketiga, Anda juga harus mencermati divisi-divisi apa saja yang ada dalam kepengurusan pialang tersebut. Tentu, Anda wajib mengetahui fungsi dari setiap divisi yang ada dan apakah selama ini divisi tersebut menjalankan tugasnya dengan baik. Setelah Anda yakin, Anda bisa langsung masuk dalam broker saham tersebut.

Keempat, seorang investor berhak mencari tahu tentang informasi berapa jumlah modal kerja bersih disesuaikan, sehingga Anda akan merasa nyaman ketika memilih pialang tersebut karena tak mungkin Anda akan terkena penipuan saham. Kelima, jika Anda ingin aman, Anda bisa memilih pialang saham milik pemerintah yang sering disebut dengan broker plat merah. Tetapi, Anda harus memberikan komisi lebih banyak kepada broker pemerintah ini dibanding ketika Anda bekerjasama dengan broker swasta. Keenam, Anda harus mengetahui jumlah setoran awal Anda kepada pihak penasehat saham tersebut. Ketika setoran tersebut lebih dari 50juta, maka Anda patut mencurigainya.

sekuritas saham, bisnis, ekonomi, info saham

Ketujuh, sebagai investor Anda harus paham tentang jumlah komisi yang harus diberikan kepada pialang saham agar Anda tidak dirugikan. Untuk komisi pembelian, biasanya hanya 0, 1-0, 3 persen dari dana yang Anda keluarkan, tetapi untuk penjualan saham biasanya komisinya 0, 2-0, 4 persen. Kalau bisa, Anda melakukan negosiasi dengan broker supaya komisi yang Anda keluarkan juga sedikit.  Selanjutnya, Anda harus memilih broker yang bisa memberikan rekomendasi yang bagus terhadap saham Anda, sehingga Anda tak mengalami kerugian. Terakhir, ketika Anda menggunakan trading online, maka pilihlah software yang stabil supaya Anda bisa dengan mudah mengecek saham anda.

Setelah Anda mengetahui tips-tips di atas, semoga Anda tidak akan mengalami kerugian saham seperti pada yang telah terjadi PT Sarijaya ketika Anda berniat untuk menjadi seorang investor. Lebih baik selektif ketika memilih pialang saham, daripada Anda harus mengalami kerugian setelah Anda mempercayakan saham Anda kepada broker yang Anda pilih.

sekuritas saham, bisnis, ekonomi, info saham

BACA JUGA:

Semua Mata Tertuju Pada Laju IHSG Pekan Ini Yang Terdeteksi Melemah

Semua Bersiap! Tahun Baru Aturan Baru BEI

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *