Teropong Bisnis | Homepage
Semen Indonesia Menyerang!

Semen Indonesia Menyerang!

0 Comments 🕔02.Sep 2014

Sektor properti dan infrastruktur yang berkembang dan sangat menjanjikan saat ini membuat banyak perusahaan ingin memanfaatkannya. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk adalah salah satunya. Perusahaan ini melakukan ekspansi ke negara lain, seperti Bangladesh, Myanmar dan Vietnam.

Dwi Soetjipto, Direktur Utama Semen Indonesia mengungkapkan rencana perusahaan semen ini. Menurutnya, Semen Indonesia melalui 3 anak perusahaannya, PT Semen Gresik, PT Semen Tonasa dan PT Semen Padang berhasil memproduksi semen sebanyak 32 juta ton per tahun pada semester I 2014.

Dengan total kebutuhan semen Asia Tenggara yang mencapai 200 juta ton per tahun, Semen Indonesia menjadi salah satu penyumbang terbesar yaitu sebesar 17 persen. Target ke depannya adalah menjadi pemimpin di industri ini. Semen Indonesia saat ini menempati peringkat kedua dibawah Holchim dengan share 23 persen dan diatas Lafarge dengan share 11 persen.

Namun, adanya rencana merger Hochim dan Lafarge menjadi salah satu tantangan Semen Indonesia. Untuk menghadapi tantangan ini, kapasitas produksi harus ditingkatkan. Tahun ini, target Semen Indonesia menambah 10 persen kapasitas produksi dan menjadi nomor 1 di tahun 2025. Tetapi, bila proses akuisisi dapat berjalan cepat, maka target Semen Indonesia dapat tercapai sebelum 2025.

Proses akuisisi di Bangladesh saat ini masih berjalan. Bila berhasil, maka akan ada tambahan kapasitas produksi antara 600 ribu ton per tahun hingga 1,5 juta ton per tahun. Perusahaan yang akan diakuisisi ini adalah perusahaan swasta, yang lebih mudah daripada BUMN negara lain.

Target akuisisi Bangladesh adalah kuartal I 2015. Namun, akhir tahun ini, proses akuisisi di Myanmar diprediksi akan selesai. Bila hal ini tercapai, maka kapasitas produksi pabrik di Myanmar dapat meningkat hingga 1,5 juta ton per tahun.

Untuk Vietnam, Semen Indonesia sudah berhasil mengakuisisi perusahaan Thang Long Cement, dengan share sebesar 70 persen.Kapasitas produksi pabrik ini mencapai 2,3 juta ton per tahun, yang rencananya akan ditingkatkan.

Selain ekspansi ke luar negeri, Dwi menjelaskan Semen Indonesia juga melakukan pengembangan di dalam negari. Hal ini tampak dari 85 persen modal yang digunakan Semen Indonesia untuk kebutuhan ini.

Dwi mengungkapkan bahwa dirinya menyukai strategi sepakbola Van Gaal, yaitu menyerang. Karena itu, dia pun tidak khawatir bila terjadioversupply. Bila pertumbuhan permintaan semen mencapai 10 persen seperti yang diprediksi, maka tidak akan terjadi masalah.Oversupplay yang mencapai 5 persen tidak akan membawa dampak berarti.

Mengenai oversupply, menurut Dwi, dengan permintaan semen domestik yang mencapai 62 juta ton per tahun, ekses sebesar 3,5 juta ton per tahun sangatlah normal. Karena, pada triwulan awal tahun berikutnya, mesin pabrik masih overhaul, sehingal kelebihan suplai ini dapat menutupi permintaan.

Langkah yang dilakukan Semen Indonesia cukup tepat. Dengan MEA 2015 yang akan datang, maka Semen Indonesia perlu memperkuat usahanya agar dapat bertahan dan meraih target utama mereka.

3.Semen Indonesia Menyerang! 2

Baca Juga :

Senjata Baru untuk Pembangunan Infrastruktur Indonesia

Fitch Rating Prihatin dengan Pertumbuhan Kredit di Indonesia

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *