Teropong Bisnis | Homepage
Sektor Perumahan Masih Mendominasi Kredit BTN

Sektor Perumahan Masih Mendominasi Kredit BTN

0 Comments 🕔24.Apr 2013

Tempat tinggal memang merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Sebagai manusia, rasanya hidup tidak akan terasa lengkap sebelum bisa memiliki rumah idaman. Pada dasarnya rumah memang kebutuhan. Akan tetapi kebutuhan yang dipenuhi oleh rumah bukan sekedar kebutuhan akan tempat tinggal saja. Rasa kebanggaan dan kepemilikan juga akan menyelimuti pemilik rumah tersebut. Namun sayangnya harga properti saat ini semakin melonjak. Jika mengingat pendapatan yang dimiliki, membeli rumah secara cash tentunya akan terasa sangat memberatkan. Karena itu banyak yang memilih untuk membeli rumah secara kredit.

Menurut data yang berhasil dibukukan oleh PT Bank Tabungan Negara (BTN), pada triwulan pertama tahun 2013 tercatat ada kenaikan kredit sebesar 28,62% atau naik dari angka Rp 66,48 triliun hingga mencapai Rp 88,51 triliun. Dari kenaikan tersebut, ternyata kredit perumahan masih mendominasi.

Pernyataan Direktur Bank BTN Terkait Angka Kredit Perumahan

Saat jumpa pers di Menara BTN, Jakarta, Evi Firmansyah yang merupakan Direktur Bank BTN menyatakan bahwa kinerja BANK BTN di sektor pembiayaan industri perumahan masih tetap konsisten. Bahkan nilai pembiayaan kredit perumahan masih mendominasi dengan angka sebesar 86,2% dari seluruh kredit yang disalurkan selama triwulan pertama atau secara spesifik dengan nilai sebesar Rp 73,7 triliun. Sedangkan sisanya yakni sebesar 13,8% atau sekitar Rp 11,84 triliun disalurkan untuk kredit non perumahan.

Dari hasil pembukuan tersebut, Evi mengatakan bahwa kinerja pembiayaan Bank BTN masih sesuai dengan strategi bisnis yang diterapkan oleh PT Bank Tabungan Negara (BTN), yakni dalam hal pembiayaan pinjaman perumahan. Berdasarkan hasil pembukuan yang berhasil dicatat oleh Bank BTN ini, Evi optimis dan memproyeksikan bahwa kredit yang akan diberikan oleh Bank BTN akan terus tumbuh bahkan hingga akhir tahun 2013 ini. Bahkan pihaknya menargetkan kredit BTN akan tumbuh sebesar 26 hingga 30% pada tahun 2013 ini. Jika dilihat dari pertambahan penduduk Indonesia dan semakin bertambahnya golongan menengah ke atas, tampaknya target tersebut terlihat cukup realistis dan dapat diwujudkan.

BTN akan Tetap Berikan Dukungan kepada Program Pemerintah

Saat ini pemerintah memang tengah menerapkan program dalam bidang perumahan melalui skim FLPP atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan. Terkait dengan hal tersebut, Bank BTN siap memberikan dukungan terhadap program tersebut. Akan tetapi sayangnya meskipun pertumbuhan kredit naik, angka kredit bermasalah juga ikut naik. Secara prosentase, angka kenaikan kredit bermasalah atau NPL naik sekitar dari 1,5% menjadi total sebesar 4,77%.

Padahal sebelumnya jumlah kredit bermasalah hanya sebesar 3,22%. Meski demikian, jumlah tersebut masih bisa diterima, bahkan Evi selaku Direktur PT Bank Tabungan Negara (BTN) menyatakan bahwa hal tersebut akan membaik pada kuartal kedua ini. Jika dilihat dari sini, tampaknya sektor properti memang sedang mengalami peningkatan yang berdampak pada pembangunan yang lebih baik.

Gambar: indopropertycamp.wordpress.com

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *