Teropong Bisnis | Homepage
Satu Paket Masalah, Banjir Dan Tingkat Inflasi

Satu Paket Masalah, Banjir Dan Tingkat Inflasi

0 Comments 🕔25.Jan 2014

Tahun lalu dapat dikatakan sebagai salah satu tahun terkelam untuk perekonomian Indonesia. Selain nilai tukar Rupiah yang jatuh di level terendah, bahkan mencapai Rp. 12.000 per dollar AS, tingkat inflasi juga tinggi. Yang lebih buruk, sampai sekarang, keadaan ini belum pulih sepenuhnya.

Ada banyak penyebab tingginya tingkat inflasi yang terjadi tahun lalu. Salah satunya adalah tingginya impor pada sektor migas. Memang, kondisi yang terjadi pada sektor ini sangat mempengaruhi sektor-sektor lainnya di Indonesia. Jadi, dapat dikatakan, bila Pemerintah dapat mengatasi masalah yang terjadi disini, maka sektor-sektor lainnya juga akan ikut membaik.

Akan tetapi, Bank Indonesia (BI) awal tahun ini memberikan perkiraan yang dapat dikatakan mengejutkan. Ternyata, banjir yang melanda beberapa daerah di Indonesia akan menyebabkan perubahan tingkat inflasi pada tahun ini.

BI menyatakan, biasanya, tingkat inflasi pada awal tahun akan beradai di sekitar level 0,8 persen. Akan tetapi, pada bulan Januari ini, BI memperkirakan inflasi akan mendekati bahkan mencapai 1 persen. Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI Dody Budi Waluyo.

Tentang banjir yang juga menjadi salah satu penyebab naiknya tingkat inflasi juga disampaikan oleh Dody. Menurutnya, salah satu alasan yang menghubungkan banjir dengan tingkat inflasi adalah adanya gangguan transportasi.

tingkat inflasi, banjir, ekonomi indonesia, bisnis

Banjir menyebabkan proses distribusi yang sebagian besar didominasi oleh transportasi darat terhambat. Banyaknya jalan yang putus akibat banjir menyebabkan pendistribusian kebutuhan pokok terlambat atau bahkan terhenti. Hal ini tentunya akan mempengaruhi pasokan produk yang berada di berbagai daerah.

Dan, dengan melihat hukum perdagangan, saat pasokan menipis karena tidak adanya produk, maka pedagang akan menaikkan harga untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, parahnya bencana banjir awal tahun ini membuat banyak harga bahan pokok naik. Sehingga, tingkat inflasi pun terpengaruh dan ikut naik pula.

Dody menyampaikan bahwa data lengkap dan detail tentang hal ini belum ada. Tetapi, secara keseluruhan, masalah tingkat inflasi ini sudah terjadi.

Masalah terhambatnya proses distribusi bahan pokok ini mencapai puncaknya pada minggu ketiga bulan Januari Ini. Dody juga mengatakan jenis bahan pokok yang mempunyai pengaruh besar yang menimbulkan masalah ini belum terdeteksi.

Akan tetapi, dapat kita simpulkan, bahwa, bila bila Pemerintah sudah tahu dengan jelas dan detail tentang jenis bahan pokok ini, maka masalah sudah dapat teratasi. Pemerintah dapat melakukan operasi pasar untuk menormalkan harga bahan pokok jenis tersebut. Cara ini juga akan mendorong penurunan tingkat inflasi.

Tetapi, diperkirakan, masalah ini masih belum selesai sepenuhnya. Memang, banjir di beberapa daerah mulai surut beberapa hari ini. Akan tetapi, BMKG memperkirakan bahwa curah hujan akan mencapai titik tertinggi pada akhir Januari ini. Maka dapat dikatakan, mungkin awal bulan Februari akan diawali dengan tingkat inflasi yang lebih tinggi dari Januari ini.

tingkat inflasi, banjir, ekonomi indonesia, bisnis

BACA JUGA:

Harga Emas Antam Terkini

Eksportir Timbun Dana Di Perbankan, Nilai Tukar Rupiah Yakin Meroket

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *