Teropong Bisnis | Homepage
Satu Dunia, Satu Mata Uang, Bitcoin

Satu Dunia, Satu Mata Uang, Bitcoin

0 Comments 🕔09.Dec 2013

Anda pasti sudah merasakan dampak internet di kehidupan Anda, bukan? Ya, dunia serasa kecil dengan bantuan internet. Tampaknya, hal ini akan berlanjut dan berkembang lebih jauh. Yang paling baru adalah wacana adanya mata uang universal yang disebut Bitcoin atau mata uang digital.

Menurut mantang anggota Kongres AS, Ron Paul, mata uang ini dapat menjadi mata uang alternatif selain dollar AS. Bitcoin juga sangat berpeluang menggantikan dollar AS sebagai mata uang internasional, bila hal ini benar-benar dapat diwujudkan.

Satu-Dunia-Satu-Mata-Uang-Bitcoin-1

Sejatinya, Bitcoin tidak dihadirkan untuk menggantikan dollar AS atau mata uang lainnya yang dikontrol oleh pemerintah tiap negara. Akan tetapi, mata uang ini hanya menjadi alternatif pembayaran yang dapat diterima di seluruh dunia.

Kekuatan Bitcoin juga diakui oleh Ekonom dari University of Michigan, Miles Kimball. Beliau mengatakan bahwa Bitcoin dapat membuat pemerintah atau negara tidak memiliki kontrol penuh terhadap mata uang. Hal ini dikarenakan permintaan akan uang digital ini sangat tinggi.

Kenya mungkin negara pertama yang sudah mulai menggunakan Bitcoin. Masyarakat Kenya menggunakan Bitcoin sebagai alat jual beli dengan cara mengirim SMS.

Bitcoin juga membuat proses transaksi berjalan lebih nyaman dan cepat. Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar biaya transaksi dari bank bahkan tanpa menggunakan bank sebagai perantara. Jadi, biaya yang Anda keluarkan juga lebih murah dengan Bitcoin.

Selain itu, Bitcoin juga mempunyai keunggulan lain, yaitu lebih aman. Saat Anda bertransaksi dengan menggunakan Bitcoin, Anda tidak perlu mencantumkan identitas diri saat bertransaksi. Lain halnya bila Anda menggunakan kartu kredit, dimana informasi tentang diri Anda akan disertakan. Jadi, hal ini akan mengurangi resiko kasus identity theft atau pencurian identitas Anda yang dapat membuat Anda kehilangan banyak uang.

Yang Anda perlukan hanyalah dompet digital. Dompet digital akan membuat transaksi Anda lebih privat dan aman.

Satu-Dunia-Satu-Mata-Uang-Bitcoin-3

Meskipun peluang Bitcon menjadikan transaksi lebih cepat, nyaman, aman dan murah sangatlah besar, perlu diberikan batasan untuk peredaran mata uang digital ini. Dan memang, saat ini ada batasan jumlah peredaran Bitcoin, yang hanya boleh sebanyak 21 juta Bitcoin di seluruh dunia. Adanya pembatasan ini dimaksudkan agar Bitcoin tidak tergerus inflasi.

Untuk mendapatkan Bitcoin ini, ada proses unik yang harus Anda lakukan. Menurut BitCoin.org, Anda perlu melakukan mining atau menambang. Cara ini cukup sulit dan membutuhkan banyak waktu untuk menghasilkan Bitcoin.

Untuk mengelola Bitcoin digunakan teknologi peer-to-peer (P2P), tidak terpusat seperti mata uang konvensional. Bank hanya bertugas untuk mengatur suplai Bitcoin yang beredar.

Akan tetapi, masih menurut BitCoin.org, mata uang Bitcoin adalah mata uang baru. Jadi, fluktuasi masih bisa terjadi sewaktu-waktu. Jadi, tidak disarankan menabung dalam mata uang ini dan Anda juga perlu memasukkan Bitcoin dalam aset dengan resiko sangat tinggi.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *