Teropong Bisnis | Homepage
Sangat Menyejukkan, Melihat Nilai Tukar Rupiah Saat Ini

Sangat Menyejukkan, Melihat Nilai Tukar Rupiah Saat Ini

0 Comments 🕔08.Mar 2014

Tahun 2013 adalah tahun buruk untuk perekonomian Indonesia. Tingkat inflasi yang tinggi, nilai tukar Rupiah yang melemah dan banyak masalah datang secara serentak menyerang Indonesia. Tahun 2014, diprediksi akan terjadi perlambatan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Tetapi, kenyataannya, angin segar berhembus pada bulan ini.

Nilai tukar Rupiah menguat. Bahkan, lima pekan terakhir, penguatan yang terjadi merupakan masa terlama sejak April 2011. Hal ini dapat dikatakan sebagai awal bagus untuk perbaikan kondisi ekonomi Indonesia, setelah krisis 2013.

Ada banyak faktor yang menyebabkan nilai tukar Rupiah menguat. Salah satunya adalah menurunnya tingkat inflasi Indonesia. Hal ini memberi dampak pada kondisi ekonomi Indonesia yang semakin meningkat.

Kondisi diatas menjadi peluang sangat menjanjikan untuk berinvestasi. Oleh karena itu, banyak investor asing yang tertarik untuk menanamkan uang mereka di Indonesia.

nilai tukar tupiah, ekonomi, rupiah, nilai, tukar

Menurut Bloomberg, dari data valuta asing (valas) yang mereka miliki, terjadi penguatan signifikan pada nilai tukar Rupiah. Di pasar bank domestik, terjadi penguatan sebesar 1,8% ke level 11.405 per dollar AS sejak 28 Februari 2014. Data ini tercatat pada pukul 9.21 waktu Jakarta.

Pada 7 Maret 2014 hari ini, Rupiah juga tercatat menguat. Penguatan tercatat sebesar 0,6% dan nilai tukar Rupiah bahkan berada pada level 11.364 per dollar AS. Nilai ini cukup menggembirakan, karena menjadi nilai tukar Rupiah yang tertinggi sejak perdagangan 4 November 2013.

Selain itu, penguatan Rupiah juga terjadi di hampir setiap pasar. Contohnya, pekan ini, di pasar Non-Deliverable Forwards (NDF), nilai tukar Rupiah menguat 1,6% dan 0,4% pada hari ini. Nilai tukar Rupiah berada di level 11.442 per dollar AS.

Di pasar spot, nilai tukar Rupiah juga menguat. Besar penguatan hanya 0,3% lebih rendah dari penguatan di NDF. Tetapi, penguatan ini menjadi pertanda baik perbaikan perekonomian Indonesia.

Selain penguatan nilai tukar Rupiah, terjadi juga peningkatan nilai saham lokal yang dibeli investor asing. Hingga pekan ini, nilai saham lokal yang terjual sebesar US$ 86 juta atau lebih tinggi dari perdagangan kemarin.

Menurut Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, cadangan devisa Indonesia dapat meningkat lebih dari US$ 102 miliar. Artinya, jumlah ini jauh lebih tinggi dari jumlah cadangan devisa Indonesia pada Mei tahun lalu.

Menurut ekonom PT Mandiri Sekuritas, Leo Rinaldy, peningkatan cadangan devisa ini dapat menjadi tanda baik untuk Indonesia. Hal ini dapat menggambarkan neraca eksternal yang semakin membaik.

Nilai tukar Rupiah yang meningkat juga menjadi salah satu tanda pulihnya kepercayaan investor asing. Hal ini tampak dari banyaknya aset yang dibeli oleh mereka. Dan juga, jumlah kepemilikan obligasi berdenominasi Rupiah juga meningkat menjadi Rp. 21,25 triliun tahun ini.

Perbaikan ekonomi Indonesia sebenarnya sudah tampak sejak kuartal awal tahun ini. Hal ini terlihat dari berkurangnya defisit transaksi berjalan dan laju inflasi yang menurun sejak September 2013.

nilai tukar tupiah, ekonomi, rupiah, nilai, tukar

BACA JUGA:

Harga Emas Turun, Laba Antam Turun 86 Persen

Kita Siap Menghadapi Kebijakan The Fed

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *