Teropong Bisnis | Homepage
Rupiah Mampu Lepas dari Tekanan Dollar Sebesar 0,04%

Rupiah Mampu Lepas dari Tekanan Dollar Sebesar 0,04%

0 Comments 🕔15.Aug 2013

Nilai Tukar Dollar yang makin lama makin meningkat menjadikan banyak pengusaha enggan untuk melakukan proses tukar menukar uang dollar. Hasilnya, dollar pun menjadi sepi. Hal ini ternyata sanggup untuk memicu tekanan rupiah terhadap dollar menjadi kian melemah. Memang diakui saat ini nilai tukar uang dollar sedang tidak stabil, dari hasil analisa melalui transaksi pasar pada hari ini, nilai rupiah ternyata mengalami peningkatan meskipun jumlahnya hanya sangat tipis, yaitu sebesar 4 poin saja. Ini setara dengan 0,04 persen. Mereka masuk ke dalam level 10.289 Dollar AS. Ini kemudian menjadikan nilai rupiah bergerak stabil secara perlahan-lahan. Rentan pergerakan nilai tukar rupiah saat ini berada di titik 10.275 sampai dengan 10.300 Rupiah.

Rupiah-Mampu-Lepas-dari-Tekanan-Dollar-Sebesar-0,04-persen-2

Faktor yang Menjadikan Rupiah Bebas dari Tekanan Dollar

Jumlah ini tentu saja sudah cukup bagus dibandingkan dengan jumlah nilai tukar rupiah sebelumnya. Sesuai dengan hasil pengamatan yang dilakukan oleh Pengamat Pasar Uang, Lindawati Susanti, beliau menemukan bahwa kebutuhan akan mata uang dollar saat ini kian minim karena angkanya yang sedang melambung tinggi tersebut. Ini juga yang menjadikan nilai rupiah menjadi tertekan stabil. Di samping itu momen lebaran yang merupakan momen pascalibur menjadikan peluang bagi mata uang rupiah untuk bisa keluar dari tekanan dollar yang seolah tidak pernah berhenti pada saat sebelum lebaran. Sampai saat ini, Lindawati mengatakan bahwa transaksi pasar uang masih saja relatif sepi dikarenakan banyak sekali perusahaan yang membuat libur untuk permintaan dollar yang masih adem ayem berada di level tinggi tersebut.

Adakah hal lain yang juga memicu membaiknya nilai rupiah ini? Jawabannya tentu saja ada, menurut Lindawati, meningkatnya grafik bursa saham Asia menuju  ke arah yang positif menjadikan perdagangan yang ada di kawasan regional menjadi ikut berkembang. Pasar pun memberikan respon yang positif, contoh yang sederhana bisa ditemukan di Negara China. Negara China kini sudah mengalami perbaikan data terhadap pemesanan mesin di Negara Tirai Bambu tersebut. Ini dikarenakan kebijakan dari pemerintah Jepang, dimana mereka tidak jadi untuk mengumumkan kenaikan pajak untuk korporasi. Seiring dengan membaiknya perekonomian yang ada di kawasan Asian ini, diharpkan permasalahan naiknya nilai Dollar bisa segera ditemukan solusinya.

Rupiah Masih Berpotensi Mengalami Tekanan Lagi

Namun demikian, Linda mengingatkan bahwa tekanan terhadap nilai Rupiah masih cenderung untuk longgar. Maksudnya adalah ada kemungkinan nilai rupiah akan mengalami tekanan lagi dan mengalami jumlah kenaikan yang signifikan, namun demikian ini juga tidak akan berlangsung lama ketika status perdagangan nantinya menjadi berangsur normal lagi. Ditambah lagi, semakin lama pastinya semakin banyak perusahaan yang membutuhkan dollar. Momen permintaan kebutuhan akan dollar biasanya akan makin meningkat menjelang akhir bulan, inilah yang nantinya bisa memicu kenaikan nilai dollar di kawasan regional.

Rupiah-Mampu-Lepas-dari-Tekanan-Dollar-Sebesar-0,04-persen-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *