Teropong Bisnis | Homepage
Rupiah Diprediksi Tembus 10.500

Rupiah Diprediksi Tembus 10.500

0 Comments 🕔17.Aug 2013

Rupiah-Diprediksi-Tembus-10.500-2

Pergerakan mata uang rupiah memang sedikit mengecewakan. Hal yang yang membuat banyak membuat pelaku pasar lebih memilih buat memburu dollar. Apalagi nih, ada kabar kalau rencana pelambatan stimulus bank sentral Amerika atau The Fed ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Pada transaksi hari ini, rupiah bakalan diprediksi menembus angka 10.500 per dollar Amerika.

Ini memang bukan prediksi yang mengada-ada soalnya seperti yang terlihat dari hari sebelumnya, rupiah sendiri udah mengalami pelemahan sekitar 1,05 persen dan mulai mendekati 10.409 per dollarnya. Sebenarnya kalau mau mencari awal dari penurunan rupiah ini sendiri, hal ini udah terjadi sejak tahun 2009. Ya, rupiah emang udah memburuk sejak Juli tahun 2009.

Alasan Melemahnya Rupiah

Kalau menurut salah satu pakar pasar uang, Albertus Christian, menurunnya nilai rupiah ini ada hubungan erat dengan menurunnya cadangan devisa yang ada saat ini. Cadangan devisa buat tahun ini memang hanya sekitar US$92.1 miliar saja. Hal itu sangat mempengaruhi perkembangan ekonomi di dunia domestik tanah air sendiri dan akhirnya bakalan memberikan pengaruh besar pada rupiah.

Tidah hanya karena nilai investasi yang menurun lho, kondisi dalam negeri yang tidak juga membaik juga jadi alasan utama kenapa rupiah enggan untuk menguat. Pasar global sekarang ini masih menganggap negatif perkembangan ekonomi di Indonesia. Mereka juga tidak percaya sepenuhnya untuk menginvestasikan uangnya dengan rupiah. Ya sekali lagi masalah terbesar karena sinyal tapering.

Pengurangan stimulus dari The Fed benar-benar akan berdampak negatif terhadap rupiah dan juga Indonesia sendiri. Sebenarnya apa yang mendasari pengurangan stimulus dari The Fed ini? Ternyata perbaikan ekonomi di Amerika, berkurangnya pengangguran, naiknya penjualan, dan juga data positif ekonomi dari Jerman dan juga Perancis membuat The Fed semakin ingin menurunkan stimulus moneter.

Respon Bank Indonesia

Terus apa yang akan dilakukan The Fed dalam memuluskan pengurangan stimulus di beberapa Negara ini? Ada indikasi bahwa bank sentral Amerika bakalan memotong pembelian obligasi sekitar 10 miliar per bulannya. Bagaimana respon dari Bank Indonesia sendiri? Ternyata Bank Indonesia tetap mempertahankan strategi awalnya. Bank Indonesia tetap mempertahankan suku bunga 6.5%.

Ini tampaknya akan memberikan dampak yang cukup baik buat Indonesia dan rupiah itu sendiri. BI juga akan mengurangi lonjakan inflasi dengan hal ini. Yang kita perlu pikirkan juga adalah bagaimana cara mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia ditengah konflik Mesir dan impor migas Indonesia. Semua itu berdampak dengan kenaikan harga minyal dunia dan akhirnya berimbas pada rupiah.

Sebaiknya Indonesia, BI dan semua investor turut memikirkan apa yang sebaiknya dilakukan agar rupiah semakin menguat. Jika masalah ini tidak segera dipecahkan, maka ekonomi tetap akan tumbuh lesu dan akhirnya rupiah akan terus melemah bahkan sampai mendekati Rp 12.000 lagi.

Rupiah-Diprediksi-Tembus-10.500-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *