Teropong Bisnis | Homepage
PT Pegadaian Sediakan Produk Emas Batangan

PT Pegadaian Sediakan Produk Emas Batangan

0 Comments 🕔13.May 2013

Jika sebelumnya PT Pegadaian menyediakan produk emas batangan yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang, kini PT Pegadaian menawarkan produk emas batangan dengan merk “Pegadaian” kepada para konsumen. Menurut Suwhono, Direktur Utama PT Pegadaian, mulai bulan Mei tahun 2013 ini PT Pegadaian sudah mulai melayani penjualan emas batangan dengan merknya sendiri. pernyataan tersebut dikemukakan pada sebuah acara diskusi di Gedung Pegadaian pada hari Jumat tanggal 10 Mei 2013 kemarin. Saat ini emas memang tengah menjadi primadona sebagai alat investasi yang paling diminati oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Kestabilan harga emas yang justru cenderung selalu meningkat tanpa terpengaruh oleh laju inflasi menyebabkan emas menjadi alat investasi yang sangat populer.

Mengenai keputusan PT Pegadaian memproduksi emas sendiri yaitu karena adanya peluang yang sangat besar pada sektor tersebut. Menurut catatan PT Pegadaian, saat ini aktivitas gadai yang dilakukan oleh mayoritas warga masyarakat adalah gadai emas, yang mencapai prosentase hingga 93 persen, sementara 7 persen sisanya adalah aktivitas gadai barang non emas. Tentu ini menjadi catatan tersendiri bagi PT Pegadaian untuk mengembangkan usaha di bidang tersebut sehingga bisa meningkatkan pendapatan perusahaan. Selain itu, alasan PT Pegadaian menyediakan emas produksinya sendiri yaitu karena selama ini emas yang mereka sediakan, yang merupakan produksi dari PT Aneka Tambang, jumlahnya hanya terbatas, sementara permintaan terus meningkat.

Proses Produksi Emas PT Pegadaian

Pada acara tersebut Suwhono juga memberitahukan proses produksi emas PT Pegadaian. Menurutnya, emas dengan merk “Pegadaian” tersebut didapatkan dari pihak produsen dengan bentuk logam mulia emas lantakan. Emas lantakan tersebut merupakan bahan baku yang kemudian akan dikirimkan kepada pihak pencetak yang akan mencetak emas sesuai dengan ukurannya. Pihak yang ditunjuk sebagai pencetak oleh PT Pegadaian yaitu Perum Peruri. Produk logam mulia emas batangan PT Pegadaian tersedia dalam beberapa pilihan ukuran, yakni mulai dari ukuran 5 gram hingga mencapai ukuran 1 kilogram.

Target PT Pegadaian terhadap Produk Emasnya

Sebelumnya PT Pegadaian bisa menjual emas dengan nilai tidak kurang dari satu trilliun rupiah per tahunnya. Namun dengan disediakannya emas produksi sendiri ini PT Pegadaian menargetkan penjualan produk emas mereka bisa meningkat drastis hingga akhir tahun 2013 nanti menjadi hingga dua trilliun rupiah. Suwhono juga menambahkan bahwa produk emas yang disediakan oleh PT Pegadaian bisa dibeli dengan cara tunai maupun mencicil. Hal tersebut dinilai dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik pihak pegadaian maupun pihak konsumen.

Dengan pembayaran cicilan, kesempatan konsumen untuk dapat membeli emas menjadi lebih besar, sedangkan pihak pegadaian juga tentunya akan mendapatkan keuntungan lebih besar dibandingkan ketika bertransaksi secara tunai. Jadi para Pembaca sekalian yang ingin membeli emas batangan kini bisa menghubungi kantor-kantor pegadaian terdekat.

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *