Teropong Bisnis | Homepage
PT Dirgantara Indonesia Kembali Mengudara

PT Dirgantara Indonesia Kembali Mengudara

0 Comments 🕔16.Feb 2014

Beberapa tahun yang lalu, PT Dirgantara Indonesia (Persero) pernah berjaya dengan berhasil membuat pesawat asli Indonesia. Bahkan, pesawat buatan mereka diminati dan dipesan oleh beberapa negara. Tetapi, setelah itu, kiprah perusahaan ini semakin meredup bahkan hilang ditelan bumi. Kini, ada sinyal kebangkitan perusahaan ini.

Dirgantara Indonesia mendapatkan suntikan modal yang menjadi pemicu kebangkitannya. Hal ini didapat setelah mendapat penyertaan modal negara pada 2012 sebesar Rp. 1,4 triliun. Berawal dari suntikan modal, perusahaan ini berhasil meraup keuntungan sebesar Rp. 10,273 miliar pada tahun 2013.

Tetapi, PTDI tidak berhenti sampai disitu. PTDI optimis bahwa perusahaan ini akan mampu lebih berkembang pada tahun ini. Hal ini dikatakan oleh Direktur Komersial dan Restrukturisasi PTDI Budiman Saleh, yang percaya bahwa tahun ini laba yang diperoleh perusahaan ini akan meningkat hingga 548 persen atau Rp. 66,546 miliar.

Budiman Saleh juga mengatakan PTDI akan fokus pada beberapa hal agar hasil keuntungan seperti yang disampaikannya dapat tercapai. PTDI akan lebih berkonsentrasi pada pasar alat utama sistem persenjataan (alusista). Sektor ini akan menjadi bidang terbesar yang dikerjakan oleh PTDI yaitu sebesar 80 persen.

Meskipun perusahaan Dirgantara Indonesia tidak akan meninggalkan apa yang menjadi tujuan utama mereka, yaitu pesawat terbang. Menurut Budiman Saleh, PTDI akan lebih memperkuat bidang ini untuk pasar komersial.

PT Dirgantar Indonesia, ekonomi, bisnis, perusahaan

Ada beberapa negara yang menjadi target utama pemasaran produk-produk dari PTDI. Beberapa negara yang akan menjadi daerah pemasaran perusahaan ini adalah Korea, Thailand dan Malaysia. Negara-negara ini dapat dikatakan sebagai pasar lama yang sudah bekerjasama dengan PTDI. Sekarang, PTDI mencoba untuk memasuki pasar-pasar ini.

Selain pasar-pasar lama, perusahaan Dirgantara Indonesia juga berhasil mendapatkan pasar baru, yaitu Filipina. Untuk target tahun ini, Budiman Saleh menegaskan bahwa PTDI harus lebih menguasai pasar komersial. Hal ini juga disebabkan oleh produsen helikopter yang paling dominan di Asia Pasifik adalah Indonesia, bahkan unggul dari Australia.

Budiman Saleh menambahkan torpedo dan roket buatan Dirgantara Indonesia akan fokus pada pasar dalam negeri. Untuk pesawat, pesawat jenis CN212 dan CN235 juga menjadi produk untuk pasar dalam negeri.

Pada tahun 2013, PTDI berhasil mendapatkan kontrak dengan nilai Rp. 4,6 triliun dan confirmed book sales 2012 (masuk RKAP 2013) sebesar Rp. 6,1 triliun. Penjualan yang didapat pada 2013 adalah sebesar Rp. 3,5 triliun dengan laba Rp. 10,272 miliar.

Bila dibandingkan dengan hasil tahun 2013, tahun ini, Dirgantara Indonesia mencatatkan hasil yang lebih baik. Hal ini ditandai dengan adanya kontrak baru senilai Rp. 5,3 triliun dan confirmed book sales 2013 (masuk RKAP 2014) sebesar Rp. 7,3 triliun. Oleh karena itu, PTDI memasang target Rp. 4,8 triliun dari penjualan 2014.

PT Dirgantar Indonesia, ekonomi, bisnis, perusahaan

BACA JUGA:

Erupsi Kelud Hentikan 52 Penerbangan Citilink

Panas-Dingin RI Dan Singapura Pengaruhi Rencana Ekspansi Sejumlah Perbankan Indonesia Di Singapura

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *