Teropong Bisnis | Homepage
Proyek Jembatan Selat Sunda Menjadi Tanggung Jawab Presiden Baru

Proyek Jembatan Selat Sunda Menjadi Tanggung Jawab Presiden Baru

0 Comments 🕔11.Jul 2014

Salah satu tugas berat presiden terpilih periode 2014-2019 nanti adalah meneruskan pekerjaan Kementrian Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau PPN. Pasalnya, saat ini pihak PPN sedang menyiapkan rencana pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN untuk jangka waktu 5 tahun ke depan.

Secara spesifik, Menteri PPN, Armida Alisjahbana mengatakan bahwa pihaknya akan mulai menyusun RPJMN teknokratik. Secara definitive, RPJMN akan dibuat pada bulan Oktober 2014 mendatang dengan berakhirnya masa jabatan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam waktu dekat, SBY masih harus menggelar sidang kabinet. Sidang kabinet ini menekankan pada prioritas program hingga masa jabatannya berakhir. Tugas berat yang akan diemban oleh presiden terpilih yang baru adalah soal proyek infrastruktur.

Presiden terpilih nantinya harus bersiap dengan mega proyek Jembatan Selat Sunda atau JSS. Nilai penggarapan jembatan ini sangat fantastis yaitu mencapai Rp. 200 triliun. Di kesempatan lain Dedy Priatna selaku Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementrian PPN mengatakan bahwa Jembatan Selat Sunda akan melalui proses restrukturisasi atau dikaji ulang pada pemerintah selanjutnya.

Jika rencana ini memang terwujud maka target konstruksinya akan melenceng dari jadwal semula. Jadwal konstruksi jembatan ini adalah tahun 2014 ini. Armida menyatakan bahwa kelanjutan dari proyek ini diserahkan pada presiden terpilih yang akan datang.

Proyek ini bisa saja dihentikan ataupun dilanjutkan oleh presiden baru nanti. Ada 15 proyek infrastruktur yang harus diselesaikan sebelum pemerintahan SBY berakhir. Selain itu, Armida juga mengklarifikasi mengenai isu kegagalan 19 proyek infrastruktur lain.

Dirinya menyatakan bahwa isu tersebut tidak benar. Menurutnya prosesnya tidak mengalami kegagalan namun tugasnya masih perlu dibagi. Proses ini juga tidak perlu adanya campur tangan Mentri Perekonomian secara langsung. Tahun ini terdapat 35 proyek infrastruktur yang diprioritaskan.

Sayangnya, hanya ada 15 proyek yang berhasil diselesaikan sebelum bulan Oktober 2014 atau sebelum berakhirnya masa jabatan Presiden SBY. Tentu saja, sis proyek yang belum terselesaikan menjadi tanggung jawab pemerintahan yang baru nanti.

Proyek Jembatan Selat Sunda sendiri tidak masuk prioritas karena statusnya yang perlu dikaji ulang. Dalam hal ini perlu direstrukturisasi mengenai anggota konsorsiumnya. Pihak Kementrian Perencanaan dan Pembangunan Nasional memang masih menunggu keputusan KPU terkait dengan siapa presiden terpilih untuk periode 2014 hingga 2019 mendatang.

Hasil quick count tidak terlalu menjadi patokan walaupun hasil tersebut mengarah kepada pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla. Bagi Anda yang menanti perkembangan jembatan ini harus menunggu dengan sabar hingga keputusan akhir presiden terpilih diumumkan.

Kebijakan yang diambil oleh presiden terpilih nantinya akan menentukan kelanjutan dari proyek jembatan ini nantinya. Akan sangat baik jika proyek yang menelan dana Rp. 200 triliun ini dilanjutkan hingga tuntas.

selat sunda, jembatan, tugas presiden, presiden baru

BACA JUGA:

Saham Perdana Chitose Naik Hingga 11%

Pemerintah Acuh meskipun Nilai Tukar Rupiah Jatuh?

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *