Teropong Bisnis | Homepage
Produksi Minyak Di Blok Cepu Menjadi Harapan Pemda Dan Nasional

Produksi Minyak Di Blok Cepu Menjadi Harapan Pemda Dan Nasional

0 Comments 🕔17.Jul 2014

Pendapatan dari Blok Cepu sangat penting dalam APBD atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah. Oleh karenanya pemerintah daerah setempat mengharapkan kalau produksi minyak di Blok Cepu semakin meningkat sesuai dengan rancangan yang telah dibuat. Agar menopang APBD yang bisa dimanfaatkan guna kesejahteraan masyarakat dan pembangunan di daerah tersebut.

Memang kepastian peningkatan produksi minyak Blok Cepu bernilai penting untuk daerah tersebut. Karena dijadikan dasar dalam menyusun APBD. Sehingga kalau target atau rencana mengalami perubahan, Pemerintah Daerah Cepu bisa dengan cepat mendapatkan informasi yang akurat.

Pegawai Dinas ESDM Jawa Timur, Ali Hendro menegaskan kalau pihaknya meminta penjelasan mengenai kenaikan produksi Blok Cepu tersebut. Sebelumnya pengelola Blok Cepu merencanakan kalau peningkatan produksinya dilakukan pada bulan Juni 2014. Namun hingga kini pembangunan infrastrukturnya belum kelar. Keterangan Ali Hendro ini dikutip dari website resmi Ditjen Migas di Jakarta pada hari rabu, 16 Juli 2014.

I Gusti Suarnaya Sidemen, seorang Kasubdit Penerimaan Negara Direktur Jenderal Migas Kementrian ESDM menjelaskan sebenarnya peningkatan produksi minyak di Blok Cepu merupakan  harapan secara nasional. Jadi tidak hanya harapan Pemda setempat guna meningkatkan pasokan APBD, tapi juga diharapkan bisa meningkatkan produksi minyak secara nasional.

Karena akibat dampak dari produksi minyak yang tidak tercukupi, maka pemerintah dengan terpaksa melakukan revisi lifting minyak pada tahun 2014. Revisi ini dari angka 870 ribu barel setiap harinya berubah menjadi 818 ribu barel setiap harinya. Memang masih terjadi kendala teknis dalam upaya meningkatkan produksi Blok Cepu. Oleh karenanya peningkatan produksi Blok Cepu yang direncanakan naik sekitar 165 ribu barel per harinya yang semula ditargetkan bisa diwujudkan pada bulan September 2014, terpaksa mengalami kemunduran menjadi setidaknya pada Juli 2015.

KKS atau Kontrak Kerja Sama Cepu telah disepakati pada tanggal 17 September 2005 dan akan berakhir pada tahun 2035. Perjanjian kerjasama ini meliputi kontrak kerjasama Cepu di kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kerjasama ini diikuti PT Pertamina EP Cepu, Ampolex Cepu Pte Ltd, Mobil Cepu Ltd (MCL) dan 4 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yakni PT Petrogas Jatim Utama Cendana (Jawa Timur), PT Blora Patragas Hulu (Blora), PT Asri Dharma Sejahtera (Bojonegoro) dan PT Sarana Patra Hulu Cepu (Jawa Tengah). Mobil Cepu Ltd (MCL) beperan sebagai operator.

Kawasan pertambangan Blok Cepu secara keseluruhan mencapai 919,19 KM persegi. Perhitungan kawasan ini terdiri dari daerah Kabupaten Bojonegoro yang mencapai 624,64 KM persegi, Kabupaten Blora sekitar 255,60 meter persegi dan Kabupaten Tuban sekitar 38,95 KM persegi.

Proyek pertama yang dibangun setelah kerjasama KKS ini adalah proyek Banyu Urip. Dalam proyek ini sekaligus mengembangkan kawasan lapangan minyak di Banyu Urip. Kawasan ini telah ditemukan sejak lama dan dipublikasikan pada bulan April 2001. Tambang minyak ini diprediksi mempunyai kandungan minyak setidaknya sekitar 250 juta barel dengan produksi minyak di Blok Cepu meningkat 165 ribu per harinya.

Sumber:http://bisnis.liputan6.com/read/2078526/pemda-berharap-blok-migas-cepu-segera-produksi

 produksi minyak, minyak di cepu, artikel ekonomi, ekonomi

BACA JUGA:

Hasil Resmi Pemilu Presiden Dan Peringkat Perekonomian Indonesia

Langkah Besar Pemerintah Lambungkan Produksi Migas

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *