Teropong Bisnis | Homepage
PRJ: Antara Kemayoran dan Monas

PRJ: Antara Kemayoran dan Monas

0 Comments 🕔20.Jun 2013

Jakarta merupakan kota yang mempunyai makna penting bagi seluruh bangsa dan negara Indonesia. Selain sebagai ibukota Indonesia, Jakarta mempunyai keterlibatan yang cukup intens dalam sejarah perjuangan Indonesia. Jakarta merupakan pusat pemerintahan dan pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga tidak heran jika banyak orang dari berbagai daerah dan bahkan dari luar negeri tumpah ruah di Jakarta. Mengingat pentingnya fungsi dan makna Jakarta, tidak heran jika perayaan hari jadi kota Jakarta dirayakan dengan meriah setiap tahunnya. Ada banyak agenda acara yang diadakan dalam rangka menyambut hari ulah tahun Jakarta. Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang kini lebih akrab disebut Jakarta Fair menjadi salah satu agenda wajib dalam perayaan ulang tahun Jakarta. Namun, tahun ini masyarakat melihat ada dua PRJ yang diadakan di Jakarta. PRJ yang pertama diadakan di Kemayoran sementara PRJ yang kedua diadakan di lapangan silang Monas atau yang sebenarnya bernama Pekan Produk Kreatif Daerah. Banyak orang yang menganggap kedua acara ini merupakan saingan, tapi sebenarnya kedua acara ini saling melengkapi satu sama lain.

PRJ Kemayoran

PRJ Kemayoran bisa jadi sebesar ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena tingginya minat masyarakat Jakarta terhadap gelaran acara yang hanya diadakan sekali dalam satu tahun. Banyak orang yang menganggap bahwa PRJ Kemayoran lepas dari esensi PRJ sendiri yang merupakan pesta rakyat yang seharusnya benar-benar dinikmati oleh rakyat tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak uang bagi mereka yang hendak berbelanja atau menikmati sajian di PRJ tersebut maupun mereka yang hendak membuka stan dan mengembangkan usaha dengan menggunakan PRJ sebagai wahana promosi. Dari segi biaya, memang PRJ Kemayoran memang cukup mahal karena memang ditempatkan di area yang eksklusif, tetapi UKM tetap diberi peluang untuk membuka stand di PRJ ini. 45% area PRJ digunakan untuk stand produk UKM. Sisanya digunakan untuk stand produk ternama dan arena permainan keluarga seperti area permainan pasar malam maupun Korean Lantern Park. Ditilik dari segi bisnis, PRJ Kemayoran memang lebih menarget sasaran penjualan dan profit.

PRJ-Antara-Kemayoran-dan-Monas-2

Pekan Produk Kreatif Daerah

PPKD yang dipindahkan ke lapangan silang Monas berawal dari pendapat gubernur DKI Jakarta yang beranggapan bahwa PRJ Kemayoran kurang memberi ruang kepada UKM dan pedagang kecil karena mahalnya biaya sewa stand. PPKD Monas ibarat solusi yang membawa angin segar bagi masyarakat yang ingin mempromosikan produk serta masyarakat yang ingin mendapatkan hiburan murah. Melalui PPKD Monas, masyarakat benar-benar dimanjakan dalam pesta rakyat karena mereka tidak dipungut biaya baik untuk membuka stand maupun memasuki area PPKD. Ada berbagai macam produk kreatif daerah yang terdiri 126 stand yang lolos seleksi dengan beberapa pembagian zona. Selain berburu produk kreatif daerah, masyarakat juga dihibur dengan panggung seni dan area permainan anak.

PRJ-Antara-Kemayoran-dan-Monas-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *