Teropong Bisnis | Homepage
Presiden Terpilih Siap-Siap untuk PR Ekonomi Terberat

Presiden Terpilih Siap-Siap untuk PR Ekonomi Terberat

0 Comments 🕔06.Jul 2014

Indonesia mendapatkan julukan jamrud khatulistiwa bukannya tanpa alasan. Negara yang terletak di daerah tropis ini mempunyai kekayaan alam yang sangat melimpah. Sebenarnya, bila kita melihat dari sisi ini saja, maka kita dapat mengatakan, Indonesia mampu menjadi negara maju. Tetapi, bila melihat keadaan Indonesia saat ini, hal tersebut rasanya sulit untuk tercapai.

Salah satu masalah yang paling mencolok adalah adanya kesenjangan ekonomi dan pembangunan. Keadaan tampak sangat berbeda antara daerah Indonesia Barat dan Timur. Masalah ini juga menjadi PR ekonomi para Calon Presiden yang akan bersaing di Pemilu Presiden 9 Juli nanti.

Menurut Irman Gusman, Ketua Dewan Perwakilan Daerah, masalah kesenjangan ini menjadi salah satu tugas berat. Masalah ini juga tampaknya tidak sesuai dengan status Indonesia di dunia. Indonesia menjadi negara dengan tingkat Gross Domestic Product (GDP) sebesar Rp. 1.300 triliun atau peringkat ke 15 di dunia. Tentunya dengan status ini, masalah kesenjangan tersebut tidak terjadi.

Selain itu, posisi Indonesia bila dilihat dari besat Pendapatan per Kapita berada di peringkat 126 dunia. Namun, angka kemiskinan di Indonesia tercatat mencapai 11,4 persen atau 28,55 juta penduduk. Dan, penduduk yang dikategorikan miskin ini, 63 persen diantaranya berada di daerah pedesaan. Pada umumnya, penduduk miskin ini berprofesi sebagai nelayan atau petani.

Yang menjadi PR ekonomi terberat adalah para penduduk miskin ini sebagian besar berada di daerah Timur. Dari data yang ada, dari 183 daerah yang dikatakan sebagai daerah tertinggal, 80 persen diantaranya berada di wilayah Indonesia Timur.

Irman mengatakan daerah Indonesia Timur tertinggal dalam banyak hal. Infrastruktur tidak terbangun dengan baik dan bahkan layanan dasar pun belum maksimal.

Saat ini, 80 persen kegiatan ekonomi nasional berada di Pulau Jawa dan Sumatera. Hal ini menjadi tugas berat Presiden yang terpilih nanti. Presiden dan Pemerintah yang baru nanti wajib untuk melakukan pemerataan, bila ingin melihat Indonesia maju.

Irman mengatakan Pulau Jawa hanyalah masa lalu. Kini adalah saat yang tepat untuk Sumatera. Dan, Indonesia Timur adalah masa depan Indonesia.

Dengan demikian, Irman menitik beratkan diperlukannya pembangunan maksimal di kawasan Sumatera dan Indonesia Timur. Jawa sebaiknya jangan terlalu di dorong lagi. Selain itu, kawasan seperti Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Lampung dan Sumatera Selatan dipandang sebagai kawasan paling strategis untuk pembangunan. Selain sumber dayanya yang memadai, letaknya yang berada di kawasan regional Asia Pasifik dan dekat Selat Malaka menjadikannya sangat penting.

Bila PR ekonomi mengenai masalah kesenjangan ini dapat teratasi, kita dapat meraih mimpi menjadi negara pemimpin dunia. Semoga saja, Presiden dan Pemerintah yang baru nanti dapat melakukan hal ini. Dan membuat Indonesia benar-benar maju.

ekonomi, pr presiden, artikel ekonomi, pajak, pemilihan presiden

BACA JUGA:

Harapan Pengusaha untuk Presiden Baru, Tidak Ada Kebijakan Mendadak

Indeks Harga Saham Gabungan Terkait Kondisi Global

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *