Teropong Bisnis | Homepage
Prediksi Penurunan Pengguna Credit Card di Tahun 2013

Prediksi Penurunan Pengguna Credit Card di Tahun 2013

0 Comments 🕔01.Aug 2013

Prediksi-Penurunan-Pengguna-Credit-Card-di-Tahun-2013-2

Kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup dan juga kebutuhan masyarakat Indonesia, mungkin juga termasuk bagi Anda. Banyak orang mengandalkan kartu kredit sebagai salah satu cara dan metode untuk bertransaksi. Salah satunya adalah dengan menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Kartu kredit memang menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat Indonesia bersifat konsumtif.

Anda mungkin sudah tersbiasa menggunakan kartu kredit, begitu pun sebagian besar masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia sudah biasa menggunakan kartu kredit sebagai alat bertransaksi. Bahkan banyak orang yang sudah sangat mengandalkannya sebagai pemenuhan kebutuhannya sehari-hari.

Tapi, sebetulnya kartu kredit memiliki dampak yang besar terhadap masyarakat. Tentu saja membuat masyarakat lebih konsumtif. Berdasarkan survei, industri fashion-lah penyumbang terbesar untuk pengeluaran melalui kartu kredit. Jadi, dapat disimpulkann bahwa penggunaan kartu kredit ini cenderung lebih kepada pemenuhan gaya hidup saja, meskipun tetap saja banyak juga orang yang menggunakannya secara bijak.

Penurunan Pengguna Kartu Kredit di Tahun 2013

Jika tahun-tahun sebelumnya pengguna kartu kredit terus saja meningkat, mungkin untuk kedepannya diperkirakan penggunanya cenderung mengalami penurunan. Perkiraan ini diambil  berdasarkan diberlakukannya peraturan dari BI tentang pengetatan credit card atau kartu kredit di awal tahun ini.

Selain karena faktor tersebut, hal itu juga karena pengaruh turunnya tingkat kepercayaan masyarakat atau konsumen. Hal tersebutlah yang mengindikasikan kemungkinan terjadinya penurunan pada pengguna kartu kredit di tahun ini. Sebetulnya hal ini cukup beralasan, karena adanya perubahan-perubahan peraturan dari BI mengenai kartu kredit ini.

Salah satunya adalah adanya pengaruh pendapatan masyarakat atau nasabah terhadap penentuan batas maksimal dari suku bunga yang ditetapkan. Selain itu, penghasilan nasabah juga akan berpengaruh pada fasilitas kartu kredit yang diberikan. Hal-hal itulah yang bisa memungkinkan terjadinya penurunan pengguna kartu kredit pada tahun ini.

Dampak Kemungkinan Turunnya Pengguna Kartu Kredit

Dampak menurunnya pengguna kartu kredit akan berpengaruh pada berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor ekonomi. Penurunan pengguna kartu kredit pasti juga akan berpengaruh pada tingkat daya beli masyarakat. Dengan begitu, akan berpengaruh pada ekonomi juga.

Selain itu, jika banyak pengguna kartu kredit yang menggunakannya untuk keperluan bisnis, mungkin juga akan berpengaruh pada perkembangan bisnis dan wirausaha Indonesia. Mungkin akan ada penurunan perkembangan wirausaha tanah air yang nantinya akan berpengaruh pula pada ekonomi bangsa.

Namun, ada juga dampak positif yang mungkin terjadi akibat penurunan pengguna kartu kredit. Masyarakat Indonesia yang cenderung menjadi konsumtif dengan adanya kartu kredit, akan lebih mengerem. Jadi, mereka juga akan lebih bijak dalam berbelanja, tidak hanya karena masalah gaya hidup tapi lebih kepada kebutuhan. Jadi, dengan demikian kemungkinan menurunnya pengguna kartu kredit akan memberikan beragam dampak, baik itu yang berupa dampak positif maupun negatif.

Prediksi-Penurunan-Pengguna-Credit-Card-di-Tahun-2013-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *