Teropong Bisnis | Homepage
Prediksi Kinerja Janet Yellen Sebagai Gubernur The Fed

Prediksi Kinerja Janet Yellen Sebagai Gubernur The Fed

0 Comments 🕔11.Feb 2014

Hal yang paling menarik perhatian The Fed atau Bank Sentral Amerika Serikat adalah soal kepemimpinan Janet Yellen. Publik sangat penasaran mengenai kinerja Yellen pada Bank Sentral paling berpengaruh di dunia tersebut. Rupanya, Yellen sudah menyiapkan agendanya. Pekan ini, Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat ini rencananya akan menghadap Kongres.

Salah satu agenda pentingnya adalah menyampaikan berbagai rencana yang akan ia lakukan selama menjabat sebagai pemimpin The Fed. Memang, dengan kepemimpinannya saat ini, tingkat pengangguran di Amerika Serikat berkurang mencapai level 6.6%. Tetap saja, kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh Janet Yellen seterusnya menjadi prioritas publik khususnya jika Anda merupakan seorang investor.

Hal ini juga ditekankan oleh Jim Luorio selaku Direktur Pelaksana TJM Institutional Service. Menurutnya, rencana yang dibuat oleh Gubernur The Fed merupakan hal yang sangat penting bagi pasar keuangan. Secara detail, wanita nomor satu di The Fed tersebut akan menghadap 2 kongres.

Pertama, dirinya akan memberikan kesaksian di hadapan House Financial Service Committee pada hari Selasa 11/12/2014. Kedua, ia akan melanjutkan agendanya dengan menghadap Senat Banking Committee pada hari Kamis.

Hal ini sebenarnya memang wajar dan harus dilakukan untuk semua pimpinan The Fed sejak tahun 2006. Secara undang-undang, Gubernur The Fed memang harus melapor pada kongres 2 tahun sekali. Tentunya, publik termasuk Anda yang memberikan perhatian pasti akan menanti kinerja dan perubahan di Amerika Serikat setelah sebelumnya dipimpin oleh Ben Bernanke.

the fed, janet yellen, ekonomi, AS, world bank

Sebagai informasi, saat ini The Fed juga sudah mulai mengurangi pemberian dana stimulus atau Quantitative Easing. Dalam hal ini, The Fed memangkas program pembelian obligasinya sebesar US$10 miliar dalam dua kali pertemuan yang dilakukan sebelumnya. Untuk pengurangan total pembelian sebesar US$10 miliar masih akan dirapatkan kembali bersama The Fed.

Keputusan tersebut akan didapatkan pada Maret 2014 mendatang. Di sisi lain, kepemimpinan Janet Yellen juga dibarengi dengan berita tak sedap mengenai pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat. Contohnya, pada bulan Januari 2014 saja, jumlah tenaga kerja yang berhasil di serap di Amerika Serikat hanya sebanyak 113.000.

Angka ini justru lebih kecil jika dibandingkan dengan angka prediksi yang dibuat sebelumnya. Namun, dengan angka pengangguran yang menurun hingga 6.6% maka Yellen berhasil sedikit melebihi target yang hanya 6.5%. Testimoni dari Yellen juga akan sangat berperan penting khususnya untuk mendorong sejumlah saham.

Menurut Lurio, Yellen akan lebih membawa dampak baik ketimbang dampak negatif. Menurut prediksinya, ia akan tetap melanjutkan proses penarikan dana stimulus sehingga pasar keuangan akan dalam keadaan aman.

Tetap saja, Yellen memiliki kebijakan-kebijakan baru yang akan memberikan warna berbeda di The Fed. Justru inilah yang sebenarnya sedang dinanti oleh publik.

the fed, janet yellen, ekonomi, AS, world bank

BACA JUGA:

5,7% Menjadi Level Awal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun Ini

Perdamaian BRI Dan Mitra Supra Batal, Pailit Pun Datang

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *