Teropong Bisnis | Homepage
Posisi Dollar AS Melemah

Posisi Dollar AS Melemah

0 Comments 🕔30.Jul 2013

Pergerakan mata uang dunia tentu saja mempengaruhi bisnis dan ekonomi dunia juga. Hari ini ternyata Dollar AS terpuruk di level terendah dalam sebulan ini terhadap Euro. Ternyata ada kenaikan Euro dan sekarang Euro berada di level $1.329. Ini merupakan level yang paling tinggi ya sejak beberapa waktu yang lalu. Sejak dini hari, Dollar udah keliatan dalam posisi yang lemah dan semakin melemah terhadap mata uang utama Yen Jepang. Apa yang sebenarnya terjadi ya? Apa juga yang menyebabkan Dollar semakin melemah?

Posisi-Dollar-AS-Melemah-3

Faktor Utama Pelemah Dollar AS

Dollar AS tentu jadi denyut jantung buat perekonomian di AS sendiri. Ketika Dollar AS melemah, secara otomatis juga ekonomi dan bisnis juga ikutan melemah. Ternyata lemahnya Dollar AS ini ya kebanyakan karena adanya ganguan dari sektor ketenagakerjaan. Banyak sekali perusahaan yang diklaim oleh pekerjanya dan juga diminta memberikan tunjangan buat para pengangguran yang jumlahnya saat ini semakin banyak. Keadaan Dollar memang semakin buruk karena adanya kenaikan dari angka 343 K dari angka sebelumnya yakni 336 K. Hal ini tentu aja berbeda dengan keadaan mata uang utama Jepang, Yen. Yen mengalami pergerakan yang sangat positif terhadap Dollar. Dollar akan tetap pada posisi yang selalu lemah jika tidak ada perbaikan yang dilakukan dalam bidang ketenagakerjaannya dengan pengurangan jumlah pengangguran di AS. Peningkatan pengangguran di AS sendiri memang cukup tinggi. Bayangkan saja pada awalnya jumlah pengangguran cuma 7000 saja dan kini jadi 343.000 dalam waktu yang sangat singkat.

Pergerakan Mata Uang Yen

Hari ini pergerakan mata uang Yen Jepang memang sedikit menggembirakan. Ada peningkatan yang sangat pesat untuk mata uang Yen, Jepang. Walaupun mata uang Yen ini beberapa waktu sempat melemah tapi kini Yen sudah mulai meningkat dan semakin kuat. Dengan adanya peningkatan ini, perekonomian Jepang juga ada di titik yang sangat baik saat ini. Jepang sudah bisa mulai bernafas dan bergerak setelah mengalami deflasi. Peningkatan ekonomi Jepang ini juga enggak bisa dilepaskan dari usaha Perdana Menteri Jepang sendiri. Selain pergerakan Yen yang naik, tampaknya perdagangan mata uang Dollar Australia juga mengalami peningkatan. Dalam dua minggu berturur-turut, ternyata mata uang Australia ini memang mengalami kenaikan nilai asetnya. Sedangkan untuk mata uang utama Franc Swiss, juga dipantau sedikit melemah. Pergerakan semua saham dan mata uang ini semakin memperburuk ekonomi makro di AS. Keadaan ini masih akan berlanjut jika AS memang belum merubah kebijakan dan memperbaiki ekonominya sendiri. Anda tentu saja bisa semakin berhati-hati dalam berbisnis atau menanamkan investasi karena ekonomi AS sekarang sedang melemah. Bagaimana dengan kabar rupiah? Rupiah memang sulit untuk ditekan turun lagi ke nilai yang lebih rendah dari Rp. 10.000. Hal ini butuh kerja keras dari kepala negaranya jika Indonesia mau turun ke kisaran Rp 9.000 atau lebih rendah dari itu.

Posisi-Dollar-AS-Melemah-2

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *