Teropong Bisnis | Homepage
Pilih Investasi Obligasi

Pilih Investasi Obligasi

0 Comments 🕔29.May 2013

Saat ini banyak orang yang memilih menyimpan uang mereka dalam bentuk investasi karena investasi akan bisa mempunyai nilai tambah dengan bertambahnya waktu juga. Banyak sekali perusahaan investasi yang akan menawarkan berbagai bentuk investasi dan saat ini banyak dari mereka yang akan memberikan pilihan untuk berinvestasi dengan investasi obligasi.

Tidak semua orang tahu apa yang dimaksud dengan investasi obligasi dan tidak semua orang tahu juga apa sebenarnya keuntungan dari investasi ini. Anda bisa mendapatkan informasi tentang keuntungan berinvestasi dengan obligasi di sini.

Apa itu Investasi Obligasi?

Seperti yang telah dikatakan di atas, tidak semua orang tahu apa yang dimaksud dengan sistem investasi obligasi. Obligasi adalah bentuk investasi surat utang dengan jangka menengah ataupun panjang. Surat ini bisa dipindahtangankan ke pihak lain dengan catatan atau janji dari pihak pertama untuk memberikan keuntungan atau imbalan berupa bunga selama periode tertentu dan juga bisa digunakan untuk melunasi utang setelah waktu tertentu yang sudah ditentukan oleh pihak yang membeli obligasi tersebut juga.

Ada beberapa macam obligasi yang bisa dilihat dari sistem penerbit yaitu Corporate Bonds atau obligasi yang diterbitkan oleh BUMN atau perusahaan swasta, Government Bonds, atau obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah pusat, Municipal Bond atau obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah. Selain dilihat dari penerbitnya, obligasi juga bisa dilihat dari pembayaran bunga yang terdiri dari obligasi Zero Coupon atau obilgasi tanpa pembayaran bunga, Obligasi Coupon atau obligasi dengan kupon yang bisa diuangkan, Obligasi Fixed Coupon yang merupakan obligasi dengan tingkat kupon bunga serta, Obligasi Floating Coupon yaitu obligasi dengan tingkat bunga sebelum jangka waktu tertentu.

Selain beberapa obligasi yang dilihat dari pembayaran bunga dan penerbitnya, masih ada obligasi yang dilihat dari penukaran opsinya, segi jaminan atau kolateralnya, nominalnya, dan juga segi penghitungan imbal hasilnya. Dengan mengetahui setiap obligasi dan penerapannya maka Anda akan mengetahui berapa banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dari obligasi yang Anda pilih tersebut.

Penghitungan Keuntungan Obligasi

Sebelum Anda mengetahui keuntungan obligasi yang Anda lakukan, Anda harus tahu cara menghitung keuntungannya tersebut. Bagaimana cara menghitung keuntungan obligasi tersebut? Berikut ini caranya:

Pendapatan atau return yang akan Anda dapatkan akan disebut sebagai yield. Anda harus memperhitungkan yield terlebih dahulu sebelum Anda memilih obligasi tertentu. Cara menentukan yield tersebut akan dibedakan menjadi dua, yakni Current Yield dan juga Yield to Maturity. Jika Anda ingin menghitung Current Yield, Anda akan menjumlah keuntungan yang didasarkan dari jumlah kupon yang akan diterima selama satu tahun. Cara menghitungnya adalah dengan membagi bunga tahungan dengan harga obligasi.

Pilih Investasi Obligasi

Yield to Marurity adalah tingkat pendapatan yang didapatkan oleh investor jika obligasi Anda telah masuk jatuh tempo. Cara menghitung Yield to Maturity adalah dengan pendekatan YTM dengan menjumlahkan kupon dengan hasil pengurangan antara redemption value dengan harga pembelian. Hasil tersebut nantinya akan dibagi dengan periode waktu yang tersisa dalam tahun.

Penghitungan Anda belum selesai karena masih harus membagi hasil tersebut dengan hasil penjumlahan redemption value dengan harga pembelian yang dibagi dua. Setelah dibagi dengan hasil penjumlahan tersebut nantinya hasil harus dikalikan dengan 100% dan Anda akan mendapatkan hasil YTM tersebut.

Similar Articles

Yunani Terancam Bangkrut, Rupiah Bersiap Kena Dampaknya

Yunani Terancam Bangkrut, Rupiah Bersiap Kena Dampaknya 0

Saat ini ancaman kebangkrutan negara Yunani nampaknya tengah menjadi sorotan dunia, salah satunya Indonesia. Pemerintah di tanah

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta 0

Pemerintah Indonesia telah menaikkan batasan harga properti rumah yang tidak akan dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Optimalisasi Jejaring, Inikah Solusi Permasalahan Ekonomi Indonesia?

Optimalisasi Jejaring, Inikah Solusi Permasalahan Ekonomi Indonesia? 0

Jumlah lapangan kerja yang tersedia di Indonesia, dapat menjadi solusi berbagai masalah yang ada saat

3 Tips Aman Dari Kenaikkan Harga Bahan Pokok Saat Ramadhan

3 Tips Aman Dari Kenaikkan Harga Bahan Pokok Saat Ramadhan 0

Ramadhan adalah bulan suci dimana umat Muslim menjalankan ibadah puasa. Bulan ini juga menjadi bulan dimana

Rencana Merger 4 Bank Syariah Masih Terganjal

Rencana Merger 4 Bank Syariah Masih Terganjal 0

Kabar terbaru dari dunia perbankan adalah terkait dengan rencana mergernya 4 bank syariah. Sayangnya, pihak

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *