Teropong Bisnis | Homepage
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Menurun Tahun Ini

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Menurun Tahun Ini

0 Comments 🕔20.Aug 2013

Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-Menurun-Tahun-Ini-2

Ada kabar yang tidak menggembirakan dari Bank Indonesia. Bank Indonesia mengatakan kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini memang cenderung melambat dan menurun. Tingkat ekonomi yang rendah ini tentu saja bukan tanpa alasan.

Banyak hal yang menyebabkan lambatnya ekonomi di Indonesia. Salah satu alasannya karena adanya inflasi dalam negeri ini sendiri dan juga lambatnya ekonomi global saat ini. Lalu seberapa besar perlambatan ekonomi yang terjadi di Indonesia dan apa sebenarnya dampak semua itu bagi kondisi ekonomi Indonesia sendiri?

Catatan Pergerakan Ekonomi Indonesia

Saat ini perekonomian nasional memang tidak menunjukkan hasil yang sangat baik. Pertumbuhannya cenderung lambat dan rendah daripada apa yang diperkirakan sebelumnya. Perlambatan ekonomi secara global dan juga kenaikan inflasi yang telah dikatakan di atas memang telah membuat pertumbuhan jadi sedikit terhambat.

Pada tahun lalu pertumbuhan ekonomi sebesar 6 persen namun tahun ini melambat dan menurun menjadi 5.8% pada triwulan yang pertama. Sebenarnya ada kabar yang baik juga di samping pergerakan ekonomi Indonesia yang lambat. BI sendiri mencatat kalau ekspor telah berkembang secara positif.

Namun ternyata ekspor ini belum cukup mampu untuk menopang pergerakan ekonomi yang lebih baik untuk Indonesia sendiri karena lemahnya permintaan yang ada dari pasar global. Apa yang terjadi jika ekspor kita belum terlalu baik dan lemahnya daya beli yang dikarenakan karena inflasi yang terjadi?

Yang pasti akan ada penurunan konsumsi yang terjadi di rumah tangga dan juga dalam bidang investasi yang bukan bangunan. Inflasi jelas-jelas membuat daya beli orang menjadi turun drastis. Semua harga naik dan tentu saja ini akan memberatkan bagi semua orang. Jika ada yang bisa menekan inflasi tentu saja perekonomian Indonesia akan menanjak naik.

Kita sampai sekarang belum bisa mengatasi masalah inflasi ini. Pemerintah juga harus bisa menjaga kestabilan kondisi dalam negeri sendiri. Ini akan membuat investor asing bersedia datang ke Indonesia untuk melakukan transaksi ekonomi di Indonesia.

Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-Menurun-Tahun-Ini-3

Bagaimana Prediksi Tahun Depan?

Banyak yang kemudian bertanya tentang kondisi ekonomi Indonesia tahun depan. BI sendiri ternyata masih mengatakan bahwa kondisi ekonomi untuk tahun depan akan masih berada di bawah ancaman yang sama. Perekonomian masih akan berjalan lambat. Untuk tahun ini pergerakan ekonomi ada di kisaran 5.8% sampai dengan 6.2 % saja.

Sedangkan untuk tahun depan mungkin hanya akan bergerak sampai kisaran 6.8% saja. BI menganjurkan semua pihak agar tetap waspada dengan semua kondisi ekonomi yang memang mengalami pergerakan yang sangat lambat. Adanya ketidakpastian di pasar keuangan juga masih akan terjadi dan akhirnya tentu akan berdampak untuk kondisi ekonomi kita sendiri. Kita lihat saja apa yang akan terjadi di tahun depan dan semoga ada sesuatu hal yang bisa mendongkrak perekonomian kita.

Pertumbuhan-Ekonomi-Indonesia-Menurun-Tahun-Ini-4

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *