Teropong Bisnis | Homepage
Pertumbuhan Ekonomi AS Dipangkas

Pertumbuhan Ekonomi AS Dipangkas

0 Comments 🕔11.Jul 2013

Pertumbuhan-Ekonomi-AS-Dipangkas-1

Gedung Putih telah mengeluarkan kebijakan untuk memangkas pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat pada level 2 % pada tahun 2013 dan sebesar 3,1% pada tahun 2014. Dalam anggaran pemerintah terbaru yang disetujui oleh Presiden Obama, Reuters secara resmi memberitakan pemangkasan pertumbuhan ekonomi tersebut. Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi di AS diperkirakan akan mampu melonjak seiring dengan kembalinya pasar global yang terpusat ke dunia barat. Bahkan, Washington sudah memastikan diri untuk dapat keluar dari krisis keuangan global semenjak krisis keuangan di AS pada tahun 2008 lalu. Dalam proyeksi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Obama kali ini, tampaknya Gedung Putih merasa pesimis akan beberapa hal yang menjadi faktor mereka tidak menetapkan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Pemangkasan untuk Memperkecil Defisit Anggaran

Dalam anggaran yang sebelumnya sudah dikeluarkan pada bulan April 2013, Pemerintah Obama sebenarnya sudah memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi AS akan sebesar 2,3% pada tahun 2013 dan sebesar 3,2% pada tahun 2014. Rupa-rupanya, pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi ini terkait dengan kebijakan pemerintah Eropa yang melakukan Austerity Measures. Kebijakan ini merupakan sebuah kebijakan yang dikeluarkan Uni Eropa untuk memangkas pengeluaran. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada nilai pendapatan yang akan masuk ke AS. Karenanya, proyeksi pertumbuhan ekonomi AS pun turut merosot. Pemerintah Uni Eropa melakukan kebijakan penekanan pengeluaran ini bertujuan untuk memperkecil kemungkinan defisit anggaran yang dapat terjadi kapan saja.

Selain karena faktor kebijakan pemerintah Uni Eropa yang menekankan pengeluaran anggaran, perlambatan pertumbuhan ekonomi di China juga menjadi salah satu faktor pemangkasan proyeksi pertumbuhan ekonomi di AS. Perlambatan pertumbuhan ekonomi di China ternyata juga berimbas pada pertumbuhan ekonomi negeri Paman Sam. Hal ini membuat Gedung Putih merasa lebih pesimis untuk dapat membuat proyeksi pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. Perasaan pesimis Gedung Putih ini tentu saja terkait dengan kemampuan ekonomi AS yang baru saja bangkit dari krisis ekonomi global. Dengan masih bergantung pada perkembangan dan tindakan ekonomi negara-negara lain, AS tampaknya masih akan mengevaluasi anggaran mereka jika sewaktu-waktu terjadi berbagai hal lain di Asia atau pun di Eropa.

Pemangkasan pada Estimasi Defisit Sektor Fiskal

Selain melakukan pemangkasan untuk proyeksi pertumbuhan ekonomi, Gedung Putih juga melakukan pemangkasan untuk estimasi defisit pada sektor fiskal dari USD 973 miliar menjadi USD 759 miliar. Ini setara dengan 4,7% dari produk domestik bruto. Reuters juga menambahkan bahwa rilis anggaran dana Pemerintah Obama dan juga proyeksi ekonomi yang sudah dikeluarkan telah membuat Washington gempar. Meskipun demikian, rilisan Pemerintah Obama tersebut sebenarnya sempat diabaikan oleh Partai Republik yang tentu saja sangat menentang usulan pengeluaran yang diajukan oleh Pemerintah Obama.

Pertumbuhan-Ekonomi-AS-Dipangkas-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *