Teropong Bisnis | Homepage
Perlukah Kredit UKM?

Perlukah Kredit UKM?

0 Comments 🕔05.Apr 2013

Apa Itu Kredit UKM?

Jiwa berbisnis sekarang ini sudah menjamur di masyarakat. Alasannya adalah tentu saja untuk mendapatkan kesempatan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan hanya bekerja pada instansi ataupun perusahaan tertentu. Bank tentu saja amat berperan dengan perkembangan bisnis yang ada dimasyarakat sekarang ini. Yang menjadi sorotan adalah mengenai kredit UKM yang dimanfaatkan masyarakat kecil menengah untuk membuka usaha di lingkungan mereka.

Perlukah Kredit UKM?

Namun masih ada juga yang belum mengenal apa itu kredit UKM. Sesuai dengan namanya, kredit UKM diberikan pada mereka yang hendak membuka maupun mengembangkan usaha kecil menengah di lingkungan mereka. Walau bank amat bersikap mendukung pada siapa saja yang ingin mengajukan kredit UKM, akan tetapi tetap saja harus diperhatikan beberapa hal yang harus dipenuhi dalam pengajuan kredit UKM tersebut.

Yang Perlu Diperhatikan dalam Kredit UKM

Walau banyak yang tertarik dalam mengajukan kredit UKM, akan tetapi tidak semua orang memahami benar apa saja yang harus diperhatikan. Pertimbangan pertama tentu saja mengenai pilihan bank mana yang hendak Anda pilih sebagai pihak untuk mengajukan kredit UKM. Sekarang ini banyak yang memilih Bank BRI karena memang dari segi persyaratan dan juga pilihan jumlah kredit yang bisa didapat akan memudahkan para kreditur dalam mengembangkan usahanya. Yang terpenting adalah pilihlah bank yang benar-benar sesuai dengan kondisi bisnis dan keuangan yang Anda miliki.

Pertimbangan kedua adalah mengenai segala persyaratan yang diperlukan. Yang perlu Anda lakukan disini tentu saja bagaimana Anda dapat mempersiapkan persyaratan yang diperlukan jauh hari sebelum Anda mengajukan kredit UKM tersebut. Pada umumnya ada beberapa persyaratan umum yang diperlukan, baik untuk perusahaan perseorangan, PT, CV maupun KOP. Persyaratan-persyaratan umum tersebut adalah surat permohonan usaha, akta pendirian, akta perubahan, pengesahan, pendaftaran di pengadilan negeri, pengumuman di LBNRI, KTP atau pengenal lain dari pemohon, KK atau surat nikah, SIUP, NPWP, TDP, SK domisili, jaminan uang, BPKB, IMB, laporan neraca pada 2 tahun terakhir, SK kerja dan lain-lain.

Pada umumnya para pebisnis yang sudah memiliki pengalaman dalam mengajukan kredit UKM pada bank tertentu tidak akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan kredit tersebut. Yang menjadi masalah adalah mereka yang belum memiliki pengalaman sama sekali dalam mengajukan kredit tersebut. Bila Anda juga termasuk pada golongan tersebut, Anda harus mengetahui bagaimana mencari informasi mengenai persyaratan apa saja yang diperlukan dalam mengajukan kredit dan juga pertimbangan lain seperti bisnis kecil menengah apa yang hendak Anda jalankan. Perhatikan pula mengenai apakah Anda baru pertama kali atau sudah menjalankan bisnis untuk beberapa waktu tertentu. Semakin banyak pengalaman bisnis yang Anda punya tentu akan semakin besar peluang untuk mendapatkan kredit tersebut. Bila perlu tanyakan segala sesuatunya pada pegawai bank dimana Anda hendak mengajukan kredit UKM tersebut.

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *