Teropong Bisnis | Homepage
Perlambatan Ekonomi China Mempengaruhi Indonesia

Perlambatan Ekonomi China Mempengaruhi Indonesia

0 Comments 🕔29.Jul 2013

Agaknya Indonesia harus waspada terhadap status ekonominya saat ini. Mengapa? Hal ini dikarenakan telah terjadi perlambatan pada pertumbuhan sektor ekonomi yang ada di Negara China. Melemahnya pertumbuhan dari sektor ekonomi yang ada di China tentu saja akan berimbas pada Negara-negara lain pula, tidak terkecuali Indonesia. Hal ini jelas dikarenakan Indonesia melakukan kerja sama bersama China di bidang ekonomi dalam berbagai hal, mulai dari produksi alat elektronik dan juga kebutuhan sehari-hari lainnya. Belum lagi kerjasama yang dilakukan dengan China di sektor lainnya. Perlambatan yang dialami China ini juga dipicu oleh menurunnya harga saham yang terjadi saat ini, banyak sekali harga saham yang masuk dalam zona merah dan memicu timbulnya permasalahan ekonomi dimana-mana.

Perlambatan-Ekonomi-China-Mempengaruhi-Indonesia-3

Alasan Mengapa Ekonomi China Mengalami Penurunan

Alasan lain mengapa bisnis ekonomi di China mengalami penurunan adalah karena semakin meningkatnya nilai tukar dollar terhadap mata uang lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa kurs nilai dollar yang makin meningkat akan merugikan beberapa Negara yang ada di dunia dan ini agaknya harus ditangani secara tepat dan professional. Pertumbuhkan ekonomi china juga dikabarkan tengah mengalami kemerosotan karena berkurangnya income yang mereka dapatkan saat ini. China merupakan salah satu Negara mitra dagang utama yang dimiliki oleh Indonesia. Disamping itu, negeri tirai bambu tersebut juga menampung ekspor di Indonesia dengan jumlah 10%. Bayangkan saja apa yang terjadi jika pertumbuhan ekonomi di Negara tersebut melambat, pastinya dampak nyata akan dirasakan langsung oleh Indonesia nantinya.

Solusi untuk Permasalahan Ekonomi China dan Indonesia

Saat ini pemerintah tengah berusaha untuk mencari solusi terkait permasalahan ini. Agaknya pemerintah juga harus mempersiapkan kebijakan-kebijakan tertentu yang mana kebijakan tersebut dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, baik itu di China maupun di Indonesia, menjadi lebih baik lagi. Bila ekonomi di China bisa stabil lagi, maka sudah pasti Indonesia juga akan terkena imbas keuntungannya. Pemerintah melakukan langkah tersebut karena tidak ingin masalah yang satu ini makin berlarut-larut. Banyak sekali hal yang harus ditangani di sektor ekonomi dan ini harus segera dituntaskan

Lebih lanjut lagi, Pemerintah China menyarankan Indonesia supaya beranjak ke aktivitas impor dengan sektor primer supaya mampu untuk menstabilkan status ekonomi yang dimilikinya pasca permasalahan pemerosotan ekonomi yang ada di China. Dengan melakukan hal tersebut, besar kemungkinan nantinya pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia akan mampu untuk berada diatas 6%. Seperti yang telah dijelaskan diatas, perlambatan ekonomi yang terjadi di China juga sebenarnya terjadi karena adanya kebijakan import yang kurang begitu menguntungkan. Disamping itu, banyak perusahaan China yang lebih mementingkan kualitas dibandingkan dengan kuantitas sehingga permasalahan ekonomi pun tidak bisa terhindarkan. Hal ini juga memicu China harus membeli barang setengah jadi dengan jumlah yang lebih banyak daripada bahan bakunya.

Perlambatan-Ekonomi-China-Mempengaruhi-Indonesia-1

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *