Teropong Bisnis | Homepage
Perjalanan KitKat Menaklukkan Dunia

Perjalanan KitKat Menaklukkan Dunia

0 Comments 🕔25.Jun 2014

Anda pasti pernah atau bahkan menyukai makanan coklat. Dan, Anda juga pasti pernah mendengar satu nama produk coklat yang sudah terkenal, yaitu KitKat. KitKat sendiri termasuk salah satu produk coklat tersukses di dunia.

KitKat sendiri sudah hadir sejak tahun 1930-an. Tapi, titik balik suksesnya perusahaan dan produk ini adalah pada tahun 1957 di Inggris. Kala itu, televisi sudah dimiliki oleh banyak orang. Dan, KitKat menggunakannya sebagai media promosi atau iklan.

KitKat sendiri adalah produk asli buatan Inggris. Pembuatnya juga sukses dengan aneka produk makanan lainnya, seperti Smarties, Polo, Quality Street Suite dan Rollow. Yang membedakan KitKat dengan produk-produk tersebut mungkin dari cara memakannya. Kita harus mematahkannya menjadi dua bagian pada bagian tengah dan kita dapat menikmati biscuit berlapis coklat tebal ini.

Selain iklan, pembuat KitKat juga menambahkan tagline pada produknya. Untuk promosi di Inggris pada waktu itu, tagline yang digunakan adalah “Have a break, Have a KitKat”. Di Indonesia tagline produk ini berubah menjadi “Ada Break, Ada KitKat”. Sedangkan di Amerika Serikat, KitKat di produksi oleh Hershey’s dengan tagline “Give me a break”.

Perpaduan semua unsur ini yang menjadi pendorong kesuksesan produk coklat ini. Selain bentuk yang unik dan suara patahan yang khas, tagline yang mudah diingat, iklan TV pada kala itu juga berperan besar. Bahkan, penjualan KitKat meningkat hingga 25% akibat dari promosi ini.

Pada tahun 1967, banyak orang Inggris yang sudah memiliki TV bewarna. Hal ini juga dimanfaatkan KitKat untuk kepentingan promosi. Kali ini, iklan produk ini menggambarkan seorang ilmuwan yang dikatakan sebagai Isaac Newton sedang melakukan eksperimen dengan menggunakan KitKat. Iklan ini rupanya dibuat juga untuk memperkenalkan tagline baru produk ini, yaitu “It has to be KitKat”.

Namun, tagline baru ini kurang berhasil. Akhirnya, pihak KitKat kembali menggunakan tagline lama mereka yang sangat dikenal. Iklan KitKat juga berubah dengan ditambahkannya bumbu humor yang membuat cara promosi ini lebih segar dan mudah diterima.

Asal mula nama KitKat sendiri belum banyak yang mengetahui. Ada beberapa yang mengatakan nama ini berasal dari para ilmuwan Inggris. Tetapi, yang banyak dipercaya adalah nama ini berasal dari suara saat mematahkan batang coklat ini.

Setelah sukses dengan pemasaran KitKat di Inggris, perusahaan pembuat KitKat mencoba memperluas pemasaran. Pada tahun 1970, Perancis menjadi negara tujuan pemasaran. Promosi di negara tujuan pemasaran baru ini kurang berhasil. Akhirnya pada tahun 1982, KitKat mencoba menggunakan konsep iklan yang sama yang sudah sukses di Inggris dan berhasil.

Iklan juga membantu KitKat meraih puncak popularitas pada tahun 1986. Dan, 2 tahun setelahnya, atau tahun 1988, KitKat resmi mendunia. Hal ini terjadi setelah KitKat dibeli oleh Nestle yang berjasa untuk distribusi coklat unik ini ke berbagai negara di dunia.

2.Perjalanan KitKat Menaklukkan Dunia 1

BACA JUGA:

Indeks Saham S&P 500 Mencatat Rekor Penguatan Pekan Ini

Harga Emas Melonjak Tajam

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *