Teropong Bisnis | Homepage
Peringkat Pasar Modal Indonesia di Asia

Peringkat Pasar Modal Indonesia di Asia

0 Comments 🕔18.Aug 2013

Ada berita bagus ya buat pada pemilik saham di IHSG. Pasar modal IHSG ini sekarang berada di peringkat keenam di bursa daerah Asia. Peringkat ini emang baru dimulai sejak 13 Agustus kemarin. Ini menjadi stimulus yang bagus untuk perekonomian Indonesia sendiri. Emang sih bukan tanpa sebab, IHSG menjadi peringkat keenam. Hal ini disebabkan karena naiknya level sebesar 7.04%.

Berita ini juga diaminkan oleh Dewan Komisioner Otoritas Jasa keuangan, Nurhaida yang ditemui untuk memberikan respon atas kabar ini. Secara keseluruhan memang pasar modal kita sangat baik dan mengalami peningkatan yang sangat besar. Hal inilah yang membuat peringkat kita naik dan akhirnya duduk di peringkat yang keenam di Asia saat ini.

Peringkat-Pasar-Modal-Indonesia-di-Asia-2

Kondisi Bursa Modal Negara Lain

Bagaimana dengan perkembangan bursa lainnya? Ternyata Nikkei225 milik Jepang naik juga sekitar 33.4 %, sedangkan China dengan Shenzhennya mengalami pertumbuhan sekitar 15.18 %. Bagaimana dengan pasar modal Filipina PSEi? Mengalami pertumbuhan sebesar 11,83 dibandingkan sebelumnya. Untuk pasar modal Australia AS30 naik sebesar 8.87 dan untuk Malaysia sendiri dengan KLCInya 7.19%.

Kalau dilihat dari segi kapitalis, IHSG juga memperlihatkan pertumbuhan pesat. Ada peningkatan yang cukup besar yakni sekitar Rp 453 triliun. Awal tahun ini masih tercatat 4.158 triliun dan kini udah menjadi Rp 4.611 triliun. Ini baru pertengahan tahun dan diharapkan akan ada peningkatan di akhir tahun ini juga.

Menurut BEI nih, transaksi harian buat IHSG ini emang kalau dirata-rata setiap harinya sekitar Rp 6.7 triliun per harinya. Nilai ini juga meningkat dari tahun yang sebelumnya di periode yang sama. Kalau frekuensi transaksinya sendiri juga otomatis meningkat. Ada peningkatan sebesar 161.003 kali dari tahun yang lalu. Sedangkan volume transaksi harian juga mengalami pertumbuhan yang pesat banget.

Alasan Naiknya Peringkat Pasar Modal

Mungkin beberapa dari kita agak bingung, apa sebenarnya yang membuat IHSG mengalami kenaikan yang sangat pesat ini. Kapitalisasi saham juga ikut naik dan akhirnya frekuensi maupun volume juga mengalami kenaikan. Ternyata hal yang membuat hal itu terjadi ya karena adanya kenaikan harga dari saham emiten. Ini penjelasan dari Direktur utama dari BEI.

Pasar modal Indonesia juga tetap akan meningkat walaupun keadaan ekonomi sendiri sedang melemah. Kondisi global juga lagi bergejolak tapi kayanya tidak bakalan berpengaruh banyak juga pada IHSG. Kalaupun ada penurunan sebenarnya bukan karena kondisi ekonomi global tapi lebih kepada dinamika pasar modal itu sendiri yang memang sedang melemah.

Ya berita IHSG ini sedikit melegakan kalau dibanding dengan berita tentang indeks tukar rupiah sendiri saat ini. Semoga aja pasar modal tetap saja akan stabil dan bahkan membaik dari waktu ke waktu supaya perekonomian juga bisa digenjot lebih cepat lagi dan akhirnya akan memberikan dampak yang baik buat nilai tukar rupiah juga.

Peringkat-Pasar-Modal-Indonesia-di-Asia-1

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *