Teropong Bisnis | Homepage
Pengusaha Wajib Siapkan Dana Pesangon

Pengusaha Wajib Siapkan Dana Pesangon

0 Comments 🕔12.Jul 2013

Dana pesangon bagi para karyawan atau pekerja agaknya harus disiapkan oleh para pengusaha atau pemilik perusahaan. Hal ini jelas dikarenakan pemerintah telah mengeluarkan ketentuan baru terkait permasalahan dana pesangon tersebut. Sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan No 13 tahun 2013, dana pesangon merupakan poin penting yang harus disediakan oleh para pengusaha bagi pekerja yang dimilikinya. Kebijakan ini berlaku untuk semua sektor usaha yang ada di Indonesia. Fakta membuktikan bahwa pengaplikasian dana pesangon bagi para pekerja nyatanya hanya dilakukan di beberapa perusahaan tertentu saja. Masih ada beberapa perusahaan yang masih belum mau menyisihkan dana pesangon dengan berbagai macan alasan.

Pengusaha-Wajib-Siapkan-Dana-Pesangon-1

Revisi Undang-Undang Mengenai Dana Pesangon Masih Menjadi Wacana

Dikarenakan jumlah perusahaan yang melakukannya semakin banyak, inilah yang memicu pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan terhadap Undang-Undang tersebut. Permasalahan lain yang sekarang juga sedang menjadi wacana adalah bagaimana lembaga keuangan menata struktur keuangan yang dimilikinya agar perusahaan mampu untuk mengalokasikan pemasukan yang ada sebagai dana pesangon bagi para karyawan. Hal ini juga disetujui oleh Anny Ratnawati, Wakil Menteri Keuangan, yang mengatakan  bahwa pihaknya sampai saat ini belum menerima copy atau salinan dari revisi Undang-undang yang berbentuk Draft tersebut. Beliau juga menambahkan bahwa semua masih dalam status pembahasan dan belum ada keputusan yang diambil sama sekali. Banyaknya faktor dan alasan yang dikeluarkan oleh para pengusaha menjadikan pengaplikasian kebijakan semakin sulit untuk dilakukan.

Pengusaha-Wajib-Siapkan-Dana-Pesangon-2

Deputi Komisioner Industri Keuangan Memastikan Undang-Undang akan Segera Rampung

Tetapi Dumoly F Pardede, Deputi dari Komisioner Industri Keuangan, mengatakan bahwa Undang-Undang tersebut akan segera dirampungkan. Jika sudah selesai maka nanti akan berimbas pada besarnya pertumbuhan bisnis di beberapa sektor, salah satunya adalah bisnis asuransi jiwa dan juga pemberian pensiunan untuk para pekerja di masa tua mereka. Beliau juga mengatakan bahwa ada sebuah potensi yang bisa diambil dari kebijakan ini, yakni pesangon yang bisa terkumpul dari usaha tersebut akan mampu untuk mencapai angka sebesar 700 Triliun rupiah. Angka yang cukup besar memang. Namun ini hanya berdasarkan pada Perhitungan yang dilakukan secara aktuaris. Ini juga hanya bisa berjalan apabila revisi dari Undang-undang tersebut telah direalisasikan. Namun, beliau juga menyarankan bagi para pengusaha yang sudah mengetahui adanya kebijakan ini, sebaiknya segera menyediakan cadangan untuk dana pesangon.

Ini terkait dengan dikeluarkannya PP (Peraturan Pemerintah) yang mengemukakan bahwa industri yang ada di beberapa sektor di Indonesia, yakni pertambangan, minyak, dan gas memiliki kewajiban untuk menyediakan cadangan dana pesangon. Sejatinya, hal ini harus diterapkan untuk semua sektor usaha. Salah satunya adalah usaha dalam dunia perbankan, dan juga transportasi. Di samping itu usaha di sektor tertentu seperti perkebunan, pelayaran, dan juga usaha tekstil juga harus mengaplikasikan hal serupa. Salah satu usaha yang bisa dilakukan oleh pengusaha untuk menyiapkan dana pesangon adalah dengan mencicil atau membayar langsung kepada pihak DPPK atau DPLK.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *