Teropong Bisnis | Homepage
Penerimaan Pajak 2012 Melampaui Target

Penerimaan Pajak 2012 Melampaui Target

0 Comments 🕔03.May 2013

Membayarkan pajak merupakan hal yang sangat penting untuk orang yang mampu. Pajak yang dibayarkan akan dikelola oleh pemerintah dan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan negara. Memantau besaran pajak yang diterima setiap tahunnya akan menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh setiap kantor penghitung pajak. Kantor Pajak Pratama atau KPP Jakarta Tebet juga selalu menghitung jumlah pajak yang disalurkan melalui kantornya. Dalam catatan yang dibuat oleh KPP Jakarta Tebet ini, pada tahun 2012 target pajak yang diterima di cabang tersebut mencapai 114 persen atau sekitar Rp1,62 triliun.

Karena jumlah penerimaan yang melebihi target, KPP Jakarta Tebet menyerahkan Tax Prayer Award kepada para wajib pajak yang telah tertib membayar pajaknya. Penghargaan yang diserahkan pada Kamis, 25 April lalu membuat para wajib pajak menjadi lebih senang membayar pajak. Terlampauinya target pajak ini membuat KPP Tebet bangga dan merasa telah berhasil mensosialisasikan kebiasaan membayar pajak pada para wajib pajak di sekitarnya.

Lampaui target penerimaan pajak

Dikatakan Kepala Kantor Pajak Pratama Jakarta Tebet Ana Astuti Nugrahaningsih, pihaknya telah diberikan target penerimaan pajak sebesar Rp1,42 triliun di tahun yang lalu. Walaupun awalnya target pajak tersebut dirasa menyulitkan untuk KPP tersebut. Namun setelah melihat dan merekap semua data penerimaan pajak yang dibayarkan oleh para wajib pajak hingga akhir tahun 2012 lalu, angka Rp1,42 triliun ternyata dapat terlampaui. Menurut hasil penghitungan, KPP Jakarta Tebet ini telah berhasil mendapatkan target hingga 114 persen.

Menurut Ana, penerimaan pajak sebesar Rp 1,624 Triliun itu terkumpul dari beberapa sumber seperti dari Pajak Penghasilan atau PPh sebesar 45,7 persen, Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB sebesar 3,3 persen, Pajak Pertambahan Nilai atau PPN sebesar 50,9 persen dan pajak – pajak lainnya sebesar 0,1 persen. Semua keberhasilan yang diraih oleh KPP Jakarta Tebet ini tidak lepas dari peran para wajib pajak yang telah tertib dan tuntas membayar pajak yang dibebankan padanya.

Apresiasi untuk para wajib pajak

Karena andil para wajib pajak yang besar pada terlampauinya target pajak ini, KPP Jakarta Tebet menyediakan penghargaan Tax Prayer Award untuk sekitar 40 wajib pajak yang tertib dan membayar pajak dengan jumlah yang besar. Para wajib pajak yang berhasil menerima penghargaan ini terdiri dari wajib pajak badan sebanyak 37 badan, wajib pajak pribadi sejumlah 2 orang, dan satu bendaharawan.

Dengan memberikan plakat dan piagam kepada para wajib pajak yang terpilih, KPP Jakarta Tebet berharap penghargaan ini akan memacu para wajib pajak lain untuk meningkatkan kepatuhannya membayar pajak. Besarnya kontribusi dari penerimaan pajak untuk pemerintah menjadikan masalah pajak ini sangat diperhatikan oleh berbagai kalangan dan pemerintah. Pada APBN di tahun 2013, kontribusi pajak tercatat sebesar 80 persen dari jumlah total penerimaan negara.

Similar Articles

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya 0

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba!

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba! 0

Bagi Anda yang merasa tarif Pajak Penghasilan (PPh) terlalu tinggi, Pemerintah berencana untuk menurunkannya. Hal

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *