Teropong Bisnis | Homepage
Pendapatan Freeport dan Newmont Mencapai 41 Triliun Rupiah

Pendapatan Freeport dan Newmont Mencapai 41 Triliun Rupiah

0 Comments 🕔08.Aug 2014

Di tengah protes yang terus bermunculan dari masyarakat mengenai PT.Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara, diperkirakan pendapatkan kedua perusahaan ini sepanjang tahun akan berada pada kisaran 41 Triliun rupiah. Hal ini disampaikan secara langsung Kementerian Energi Sumber Daya Mineral melalui Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, R. Sukhyar. Angka fantastis ini didapat dari perhitungan yang dilakukan pihak Kementerian ESDM terkait dengan penjualan konsentrat tembaga yang dilakukan.

Terlebih lagi seperti sudah diketahui sebelumnya bahwa PT Freeport mulai tanggal 6 Agustus akan kembali melakukan ekspor dan penjualan konsentrat tembaga ke China dengan jumlah kuota yang mencapai 10 ribu DMT. Hal ini bisa terjadi setelah Freeport dianggap telah memenuhi syarat yang ditetapkan sebelum diberi lampu hijau untuk melakukan ekspor ke luar negeri. Kuota ekspor yang diberikan dimiliki Freeport sendiri berada pada angka 756.300 ton yang jika dihitung dapat memiliki harga hingga 1.56 Milliar Dollar US. Untuk pengolahan di dalam negeri sendiri, yang dilakukan oleh PT Smelting Gresik, disediakan konsentrat sebesar 523 ribu ton. Dengan kalkulasi yang dilakukan, diperkirakan Freeport setidaknya dapat mendapatkan hingga 2.8 Milliar setahun.

Aktivitas ini jelas menambah pendapatan Freeport secara signifikan, sebelumnya pada semester 1 yang lalu, mereka telah melakukan ekspor serta penjualan  konsentrat tembaga sebesar 55 ribu ton dan menjual untuk diolah di dalam negeri sebanyak 380 ribut ton. Masih menurt R. Sukhyar, angka tersebut masih tergolong kecil karena pada bulan Januari lalu mulai ditetapkan pelarangan ekspor mineral mentahyang diberlakukan oleh pemerintah. Hal ini juga berimbas pada PT Newmont yang pada semester pertama hanya mampu mengekspor 14 ribu ton dan menjual ke pasar domestik sebesar 58 ribu ton. Dari kedua aktivitas yang dilakukan sepanjang semester pertama 2014 ini, nilai yang dihasilkan adalah 130 juta US Dollar.

Jika nantinya Newmon memenuhi syarat yang sudah diberikan pemerintah untuk melakukan ekspor dan juga mencabut gugatannya, angka yang dihasilkan pasti akan dapat melambung jauh. Diperkirakan nantinya Newmont bisa mengekspor ke luar hingga 215 ribu ton dan menjual 124 ribu ton untuk diolah di dalam negeri. Angka yang terbilang besar untuk ukuran bahan mineral mentah ini pastinya akan mendatangkan keuntungan yang signifikan, dan tentunya yang diharapkan adalah keuntungan juga bagi pemerintah sebagai sumber dana tambahan untuk menambah jumlah anggaran di sisa tahun ini.

Jika dikalkulasi pendapatan kedua perusahaan ini pada semester kedua tahun ini, Freeport akan menerima sekitar 570 juta Dollar AS dan jika ditambahkan maka keduanya akan mampu mendapatkan pendapatan yang cukup besar dari penjualan konsentrat tembaga ke dalam dan luar negeri, yaitu mencapai 3,5 Milliar Dollar AS.

3. Pendapatan Freeport dan Newmont Mencapai 41 Triliun Rupiah

Baca Juga :

Alasan PT Freeport Indonesia Menolak Membayar Dividen kepada Indonesia

Emas Anjlok, Newmont Ghana Lepas 600 Pekerja Pertengahan Tahun Ini

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *